10 Distro Linux Terpopuler Untuk Kebutuhan Cyber Security

10 Distro Linux Terpopuler Untuk Kebutuhan Cyber Security

Distro Linux apa aja sih yang paling populer untuk kebutuhan Cyber Security? Pada artikel pertama ini, admin mau kasih tau nih apa aja sih distro linux atau sistem operasi berbasis linux yang populer banget digunakan untuk kebutuhan cyber security atau yang sering digunakan oleh hacker.

Kenapa sih para aktivis cyber security atau hacker biasanya menggunakan sistem operasi berbasis linux? Yup, jawabannya adalah karena di dalam sistem operasi berbasis linux lebih bebas dalam bereksplorasi menggunakan codingan dan tool-tool yang sudah disediakan. Sebenarnya bisa aja menggunakan sistem operasi seperti windows dan macOs tapikan kalo pakai linux apalagi distro khususnya sudah disediakan toolsnya jadi tinggal pakai saja.

Temen-temen pasti udah sering denger yang namanya Backtrack kan? Nah itu salah satu distro linux yang dikhususkan untuk kebutuhan cyber security namun saat ini sudah tidak didukung lagi perkembangannya namun ada penggantinya, yaitu Kali Linux dan menjadi yang paling populer pertama distro yang satu ini. Dilansir dari DistroWatch, berikut ini daftar distro linux populer untuk kebutuhan cyber security.

1. Kali Linux

Kali Linux (sebelumnya dikenal sebagai BackTrack) adalah distribusi berbasis Debian dengan kumpulan alat keamanan dan forensik

2. Tails

Amnesic Incognito Live System (Tails) adalah DVD / USB live berbasis Debian dengan tujuan menyediakan anonimitas Internet lengkap bagi pengguna.

3. Parrot

Parrot (sebelumnya Parrot Security OS) adalah distribusi berorientasi keamanan berbasis Debian yang menampilkan kumpulan utilitas yang dirancang untuk pengujian penetrasi.

4. Alpine Linux

Alpine Linux adalah sistem operasi yang dikembangkan komunitas yang dirancang untuk router, firewall, VPN, kotak VoIP, dan server

5. ClearOS

ClearOS adalah sistem operasi server bisnis kecil dengan fungsi server, jaringan, dan gateway.

6. Linux Kodachi

Linux Kodachi adalah distribusi berbasis Debian yang digunakan untuk menyaring semua lalu lintas jaringan melalui VPN dan jaringan Tor, dapat dijalankan dari DVD atau USB.

7. OpenBSD

Proyek OpenBSD menghasilkan sistem operasi mirip UNIX. Ditekankan pada portabilitas, standarisasi, ketepatan, keamanan proaktif dan kriptografi terintegrasi.

8. BlackArch

BlackArch Linux adalah distribusi berbasis Arch Linux yang dirancang untuk penguji penetrasi dan peneliti keamanan. Ini disediakan sebagai gambar DVD langsung yang dilengkapi dengan beberapa window manager ringan.

9. QubesOS

Qubes OS adalah distribusi Linux desktop berbasis Fedora yang berorientasi pada keamanan yang konsep utamanya adalah “keamanan dengan isolasi” dengan menggunakan domain yang diimplementasikan sebagai mesin virtual Xen yang ringan.

10. Backbox

BackBox Linux adalah distribusi berbasis Ubuntu yang dikembangkan untuk melakukan tes penetrasi dan penilaian keamanan. Ini dirancang agar cepat dan mudah digunakan.

Nah itu dia distro linux populer di kalangan aktivis cyber security atau yang biasanya digunakan oleh kebanyakan hacker di dunia. Selain itu ada banyak lagi lainnya dari buatan luar maupun buatan dalam negeri namun sayangnya buatan Indonesia yaitu DracOS belum sepopuler yang ada saat ini. Mungkin teman-teman bisa menambahkan distro linux populer lainnya untuk kebutuhan keamanan komputer jaringan pada kolom komentar berikut ini. Terima kasih.

Default image
Gagal Sarjana

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply