10 Provider Cloud Server Terbaik 2020

Cloud Server atau yang sering disebut dengan komputasi awan, server yang berada di awan, atau lebih jelasnya adalah server yang dapat menyimpan data website pada jaringan internet dengan menggunakan kapasitas penyimpanan yang besar dan dapat diakses dengan cepat darimana saja. Orang yang menggunakan web hosting tidak terlepas dengan cloud server, karena pasti dapat memanfaatkannya sebagai penyimpanan data.

Keunggulan cloud server pada web hosting yaitu dapat menghubungkan antara perangkat komputer dengan jaringan internet. Jika biasanya kita menyimpan data melalui alat penyimpanan seperti hardisk dan flashdisk yang beresiko akan kehilangan data, maka teknologi ini memanfaatkan media internet sebagai pusat server untuk pengelolaan data. Sehingga data dapat mudah diakses dan tidak perlu khawatir data akan menghilang.

Nah setelah mengulas pengertian cloud server, tentunya kita ingin tahu kan cloud server mana dan seperti apa yang terbaik saat ini? Berikut akan di-ulas satu-persatu 10 provider cloud server terbaik saat ini yang telah kami rangkum untuk kalian semua. Mana sajakah? Ini dia!

Google Cloud

Nah cloud server terbaik di urutan pertama ada Google Cloud platform. Biasa disingkat dengan GCP, google cloud platform adalah layanan cloud server yang bisa kita lihat dari namanya bahwa layanan ini disediakan oleh Google. Pada dasarnya layanan ini berjalan di atas infrastruktur yang sama dengan yang digunakan oleh Google untuk berbagai produk internalnya misalnya youtube dan gmail.

Dengan adanya layanan ini, segala pekerjaan para pengguna internet semakin dipermudah, dimana sudah banyak fasilitas pada platform ini yang sudah tersedia dan dapat digunakan , seperti layanan infrastruktur dan layanan platform serta lingkungan cloud computing. GCP ini juga memiliki banyak keunggulan, antara lain keamanan data terjamin, skalabilitas cukup tinggi, akses lebih fleksibel dan lebih efisien. Selain itu, GCP juga memiliki jenis layanan yang disajikan, antara lain:

  • Big Query : layanan ini sangat cocok sekali digunakan sebagai alat untuk analisis data yang memiliki kapasitas besar. Oleh karena itu, layanan ini bisa digunakan pada sebuah bisnis di perusahaan yang berskala besar.
  • Cloud Storage : ini digunakan untuk menyimpan data dalam ukuran yang sangat besar, bisa untuk sharing foto dan video dengan sangat mudah.
  • AppEngine : layanan ini yang bisa membuat kita dapat membuat dan menjalankan aplikasi berbasis web, yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar.
  • Compute Engine : layanan ini digunakan untuk membantu dalam membangun sebuah cloud server. Compute engine dapat menampung aplikasi web yang dibuat dengan PHP, Ruby atau bahasa pemrograman lainnya, dan juga bisa mengontrol penggunaan mesin linux secara penuh.

Google Cloud Platfrom memang memiliki banyak manfaat bagi bisnis dan perusahaan. Apalagi bagi orang yang pekerjaannya adalah mengatur keuangan di perusahaan, akan sangat efektif jika menggunakan layanan ini.

Amazon Web Service Cloud ( AWS Cloud)

Selanjutnya ada AWS Cloud, merupakan platform cloud yang komprehensif dan telah digunakan secara luas di dunia. Platform cloud ini menawarkan lebih dari 175 layanan unggulan yang lengkap dari pusat data secara global, memiliki infrastruktur cloud global paling luas. AWS juga memiliki 77 Availability Zone yang mencakup 24 wilayah geografis di seluruh dunia. Berikut keunggulan yang ada pada AWS yang telah dikemukakan oleh para konsumen yang telah banyak menggunakan layanan ini, antara lain:

  • AWS menawarkan layanan yang berkualitas
  • Layanan cloud server yang pertama dipasarkan yaitu IaaS (infrastructure as a service)
  • Infrastruktur AWS tersebar secara global
  • Memiliki lingkungan yang sangat aman dan compliance
  • Banyak entitas yang menggunakan AWS
  • AWS proaktif membantu konsumen untuk mengurangi penggunaan biaya

Microsoft Azure

Salah satu platform terbaik besutan Microsoft ini disediakan untuk mengembangkan, menyebarkan, mengelola, dan hosting aplikasi. Keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft azure ini yaitu :

  • Microsoft Azure menerapkan sistem keamanan terpercaya, sehingga kita tidak perlu khawatir mengenai proteksi dan privasi
  • Microsoft Azure merupakan layanan cloud yang terbuka, fleksibel, dan transparan
  • Dapat meningkatkan skalabilitas dengan compliance yang pasti
  • Adanya interoperabilitas, sehingga dapat mengurangi biaya secara signifikan

Alibaba Cloud

Selanjutnya ada Alibaba Cloud yang salah satu server cloud terbarunya sudah pernah dibahas beberapa waktu lalu. Alibaba cloud yang saat ini mempunyai server cloud yang berukuran mini, yaitu hanya sebesar telapak tangan saja. Tapi performanya? widiih jangan diragukan lagi. Walaupun diciptakan dengan ukuran mini, tapi segala bentuk besutan Alibaba ini tidak pernah main-main dalam urusan kinerjanya.

Cloud server besutan Alibaba ini memiliki daya komputasi yang tinggi dan kokoh, pembaruan sistemnya juga dapat dilakukan secara daring dan dapat menghemat biaya pembaruan dan perawatan mesin PC yang relatif mahal bagi kantor konvensional. Untuk lengkapnya kalian bisa baca di (artikel server cloud besutan alibaba cloud).

Digitalocean

Digitalocean menyediakan layanan VPS dengan paket yang cukup fleksibel, memiliki tampilan antar muka yang sederhana dan user friendly, serta memiliki berbagai varian harga. Berikut perbedaan dan keunggulan Digital Ocean dengan layanan sejenisnya yaitu:

  • Control panel yang simple
  • Tersedia komunitas developer
  • Harga berlangganan sangat terjangkau
  • Menggunakan SSD
  • Instalasi sangat mudah
  • Menyediakan banyak sistem operasi linux

Vultr

Salah satu spesialis penyedia cloud hosting ini telah menawarkan berbagai layanan dalam perkembangannya selama lima tahun terakhir, mulai dari komputasi cloud dan penyimpanan blok hingga bare metal dan peladen khusus. Saat ini, layanan Vultr dijual dengan harga murah dibandingkan dengan layanan cloud server yang lain.

Disamping harganya yang murah, vultr juga memiliki banyak lokasi server yang tersebar di beberapa negara. Vultr juga terkenal sering mengadakan promo, ini sangat cocok bagi kalian yang mau mencoba sensasi menggunakan VPS Vultr dengan modal yang sedikit.

Linode

Linode adalah salah satu VPS yang paling terkenal, dan juga menyediakan layanan virtual private state dengan harga yang murah. Kelebihan layanan ini antara lain, linode mempunyai downtime paling rendah dibandingkan dengan VPS lain yang serupa, mempunyai load balancer sendiri sehingga mempermudah untuk berkembang, mudah direplikasi/scale, dilengkapi dengan fitur longview yang mana bisa digunakan untuk memantau kondisi server (CPU usage, RAM usage, dll) , dan berisi lengkap cara mensetup server.

Upcloud

Upcloud merupakan salah satu penyedia layanan VPS yang memiliki kantor pusat di Finlandia. Layanan ini hampir mirip dengan Vultr, Digital Ocean dan Linode, yaitu layanan cloud compute yang telah dipakai oleh banyak orang karena menyediakan VPS yang murah tetapi berkualitas. Salah satu kelebihan Upcloud adalah kemudahan untuk melakukan downgrade, yang pada beberapa cloud hosting lainnya tidak semua bisa melakukan downgrade dengan sekali klik. Untuk harga/tarif VPS pada upcloud dihitung per jam, jadi kita bisa memakai VPS terus menerus namun akan dihitung pada saat VPS mengalami peningkatan penungunjung yang drastis.

OVH Cloud

OVH adalah penyedia layanan hosting yang kaya akan fitur dan menawarkan beragam layanan. Selain menawarkan penyimpanan sebagai layanan, divisi cloud OVHcloud dapat memberikan daya pemrosesan, terutama untuk kecerdasan buatan (AI) dan algoritma machine learning. Ini menjadikan pilihan yang cukup kuat bagi para akademisi dan tim riset, serta bagi para pemilik bisnis dan blogger.

Kamatera

Bisa dikatakan server kamatera memiliki layanan yang cepat. Fitur-fitur cloud yang tersedia serta prosesor Xeon Intel memang cukup kuat untuk mencapai kecepatan maksimum. Clod server kamatera juga didukung 40GB bagi jaringan publik serta pribadi. Kamatera juga sudah didukung oleh SSD, yang memberikan jaminan kecepatan yang tinggi serta adanya penyimpanan yang bisa diandalkan. Lanana hosting ini juga sangat cocok untuk kalian yang sedang mencari layanan yang berkualitas namun tetap terjangkau dalam segi biaya.

Nah itulah penjelasan singkat dari 10 Provider Cloud Server Terbaik 2020. Dari penjelasan diatas, apakah kalian sudah menemukan layanan cloud server mana yang ingin kalian gunakan? Semoga bisa membantu ya!

Tinggalkan komentar