Tips SEO! 4 Dasar Penerapan SEO pada Website

Tips SEO! 4 Dasar Penerapan SEO pada Website

Secara pengertian kita sudah pernah membahas mengenai SEO. Pada artikel sebelumnya juga, kita sudah membahas seberapa pentingnya SEO untuk website. Bagi kalian para readers yang belum tau apa itu SEO, langsung baca selengkapnya di Apa itu SEO? Dan seberapa pentingnya untuk website?

Nah kali ini, kelanjutan dari postingan mengenai SEO sebelumnya, Gagalsarjana akan memberikan penjelasan mengenai Tips Dasar Penerapan SEO pada website. Jika kita melihat pada pengertiannya, SEO ini merupakan strategi yang bagus dan tepat untuk berbagai jenis bisnis online yang menitikberatkan pada pencarian. Tercatat berdasarkan data, sekitar 80% pengguna internet sampai saat ini masih menggunakan mesin pencari untuk menemukan hal yang dicari mereka di internet.

Siapa yang tidak ingin websitenya selalu berada di posisi teratas hasil pencarian? Semuanya pasti menginginkan hal tersebut. Namun kita tentu akan membutuhkan banyak biaya untuk bisa membawa website kita selalu bertahan di posisi teratas hasil pencarian.

Nah, berikut cara penerapan SEO untuk menghemat biaya atau anggaran kita.

On-Page SEO

SEO (Search Engine Optimization) on Page adalah penerapan SEO di dalam artikel itu sendiri, yaitu menggunakan internal link ke homepage dan related post yang disisipkan dalam artikel tersebut. Penerapan SEO on Page yang benar pada artikel akan membuat perkembangan artikel lebih kuat dan lebih stabil, juga membuat pembaca tertarik untuk membaca artikel kita yang lain. Nah sebagai contoh, paragraph pertama dari artikel ini menerapkan on Page SEO.

Off-Page SEO

Nah teknik SEO of Page ini berbanding terbalik dengan SEO on Page yang menggunakan internal link. SEO Off Page adalah teknik melakukan optimasi website dari luar website, yaitu memberikan tautan/link dari website lain menuju website kita, atau dengan kata lain mencari backlink serta mempromosikan website kita. Nah Backlink ini adalah sebutan untuk menamai sebuah tautan/link yang mengarah ke website kita. Dengan banyaknya link yang masuk ke website kita maka Google akan menilai website kita bermanfaat. Tetapi Google juga bukan menilai dari banyaknya tautan/link yang masuk, tetapi dilihat dari kualitas dari link tersebut.

Konten dengan kualitas terbaik

Konten adalah komponen utama dalam halaman website. Untuk mendapatkan peringkat terbaik, website kita harus memiliki konten yang berkualitas seperti: memberikan banyak manfaat, mengandung keyword yang populer, judul halaman yang mengundang klik dan URL yang singkat dan deskriptif.

Untuk dapat membuat artikel dengan kualitas terbaik yaitu dengan terus menerus membuat artikel dan disamping itu kita juga harus mengoreksi tulisan kita, apakah sudah sesuai pedoman SEO atau belum dengan memanfaatkan tool analytic SEO seperti Rank Math atau Yoast SEO jika menggunakan wordpress untuk blognya.

Rajin membaca artikel pada website atau blog orang lain juga dapat memberikan manfaat terutama dalam penerapan membuat artikel yang berkualitas, melihat dari 1 tema dan pembahasannya yang sangat rinci mulai dari penjelasan awal hingga spesifikasi pembahasan tersebut. Membuat artikel tersebut menjadi sangat berkualitas.

Hindari spam Backlink

Dulu spam backlink yang berlebihan bisa membuat posisi artikel dan website kita meningkat. Namun sekarang, penggunaan backlink yang berlebihan akan dianggap sebagai spam yang mengganggu dihasil pencarian dan akan merugikan website kita. Maka buatlah backlink yang berkualitas dan senatural mungkin, karena google lebih suka yang terlihat alami dan natural.

Penerapan SEO yang baik dan benar tentu dapat mempengaruhi website kita. SEO yang baik secara konsisten dapat membawa lebih banyak pengunjung dari waktu ke waktu.Oleh karena itu, untuk kalian yang memiliki website di anjurkan untuk selalu bisa membaca pasar dan tren agar strateginya dapat diterapkan pada website kalian, juga jangan lupa untuk selalu membuat konten-konten yang menarik, positif dan bermanfaat. Dan sebisa mungkin, buatlah konten-konten tersebut secara manual, agar website kita semakin bernilai dan semakin dipercaya oleh banyak orang.

Itulah penjelasan mengenai 4 tips dasar penerapan SEO pada website. Nah bagaimana readers? Sudah ada pencerahan? Semoga dengan pembahasan ini, bisa kalian praktekan dan dapat mendatangkan banyak pengunjung ke website kalian.

Default image
Saras Ayuwati
Hai ! Semoga tulisan ini membawa manfa'at untuk siapapun kamu yang baca .

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply