Mengenali Dan Memahami 4 Komponen Jaringan Rumahan

Ketika Kamu ingin segera menghubungkan dua komputer atau lebih di rumah Kamu, sebaiknya pahami 4 komponen jaringan rumahan ini dulu. Kamu ingin dipersenjatai dengan pengetahuan tentang apa yang diperlukan untuk menghubungkan komputer Kamu satu sama lain.

Pertama-tama Kamu harus memilih jaringan mana yang terbaik untuk Kamu. Jika komputer Kamu berada di ruangan yang sama, jaringan nirkabel/wireless tidak perlu diragukan lagi. Jaringan dengan kabel juga seharusnya berfungsi dengan baik.

Komputer yang mungkin dekat satu sama lain tetapi tidak satu ruangan dan memiliki telepon di dekatnya dapat dengan mudah dihubungkan dengan Jaringan HomePNA. Sementara PC yang jauh dari komputer lainnya dapat dihubungkan dengan jaringan powerline, dengan asumsi outlet dinding ada di dekatnya.

Dan ketika ada komputer di ruangan yang berbeda dan Kamu menginginkan kemudahan untuk memindahkan sistem dari ruangan ke ruangan, semakin mahal Jaringan Nirkabel adalah cara yang tepat. Setelah Kamu memutuskan jenis jaringan yang terbaik untuk Kamu, ketahui komponen apa saja yang dapat kamu beli dan akan sangat membantu. Mari kita lihat setiap jaringan dan komponen yang diperlukan.

Jaringan Wired Ethernet

Jika komputer Kamu berada di ruangan yang sama, komponen jaringan dasar seharusnya sudah dapat menyambungkan sistem Kamu. Pastikan untuk membuka komponen yang Kamu beli dengan hati-hati dan tidak merusak kotak tempatnya. kembalikan komponen jika diperlukan.

Komponen dasar akan memiliki instruksi dan perangkat lunak untuk jaringan. NIC atau lebih dikenal sebagai Network Interface Card, NIC ini dipasang di slot kosong di unit sistem. Slot PCI adalah tempat NIC dipasang dan ada adaptor USB Jaringan yang akan dibutuhkan kabel untuk menghubungkan komputer dan kabel CAT 5/6/7/8 atau Category 5/6/7/8 adalah kabel LAN yang harus dicari.

Jaringan Ethernet memiliki empat kecepatan, yaitu 10mbps, 100mbps, 1gbps dan 10gbps. Megabit per detik dan gigabit per detik. Jaringan berkabel juga memerlukan Hub atau Sakelar untuk mengarahkan lalu lintas dari setiap sistem. Jika Kamu ingin semua PC terhubung ke Internet, sebagian besar komponen dilengkapi dengan Perangkat Lunak Penghubung Khusus yang menghubungkan sistem secara bersama-sama.

Jaringan Wireless

Jaringan nirkabel mengandalkan frekuensi radio untuk mengirim dan menerima data. Peralatan jaringan nirkabel akan menawarkan pilihan koneksi dengan kabel dan nirkabel.

Jika komputer Kamu terhubung langsung satu sama lain, frekuensi IR atau Inframerah dapat digunakan. Tetapi sebagian besar jaringan nirkabel sekarang menggunakan teknologi Radio Transceiver dengan komputer yang ditempatkan di mana saja.

Kamu memerlukan Router WiFi untuk menghubungkan setiap PC ke jaringan. Kartu NIC Nirkabel harus dipasang di setiap komputer di jaringan. Saat Kamu membeli komponen WiFi entah itu access point atau router, perhatikan jangkauan dalam ruangan.

Seperti yang Kamu lihat saat melihat Router WiFi, Kamu memiliki opsi untuk menyambungkan komputer Kamu jika ada yang salah dengan komponen nirkabel dengan menggunakan kabel. Perhatikan perbedaan antara nic berkabel dan nic nirkabel.

Mengenali Dan Memahami 4 Komponen Jaringan Rumahan – Gagal Sarjana

Jaringan Powerline

Jaringan powerline menggunakan kabel listrik di rumah Kamu untuk mentransfer data ke dan dari setiap komputer. Jaringan saluran listrik yang ada berjalan antara 50kbps atau Kilobit Per Detik dan 350kbps.

Jaringan ini memiliki kekurangan di bagian belakangnya akan ada banyak gangguan listrik yang akan menyebabkan jaringan kehilangan kecepatan. Dan pengguna PC lain dapat mengintip komputer Kamu jika mereka tahu caranya.

Jaringan ini akan membutuhkan Router untuk transfer data dan kartu nic untuk setiap sistem. Sebuah Bridge akan dibutuhkan untuk akses ke internet. Bridge ini dapat digunakan dengan Router Kamu.

Jaringan Telepon

Komponen yang Kamu perlukan di Jaringan Rumah dekat dengan yang ada di jaringan Nirkabel. Dalam kebanyakan kasus, jaringan berkecepatan 10mbps cukup cepat untuk pengguna rumahan.

Komputer terhubung dengan Switch, gateway, atau Router untuk berbagi akses Internet dan mengirim data ke setiap komputer melalui jaringan saluran telepon. Jaringan ini dianggap paling mudah untuk diatur.

Adaptor Jaringan Saluran Telepon dipasang di setiap PC. Sambungan port USB atau Universal Seriel Bus adalah adaptor yang paling umum digunakan untuk jaringan Phoneline. Untuk mengurangi gangguan saluran, Filter Telepon mungkin diperlukan.Jika Kamu berencana untuk menyambungkan telepon dan saluran dalam satu soket telepon. Kamu harus berinvestasi dalam a Line Splitter. Pastikan setiap komputer dalam jaringan dekat dengan jack telepon.

Jaringan Telepon dianggap lebih murah. Lebih dapat diandalkan dan lebih cepat jika dibandingkan dengan jaringan Powerline.

Singkatnya, semua jaringan akan membutuhkan beberapa jenis adaptor yang dimasukkan ke dalam komputer. Setiap jaringan akan membutuhkan hub, sakelar, atau router untuk mentransfer data. Windows 10 harus memiliki perangkat lunak yang diperlukan untuk membuat semuanya bekerja bersama. Adaptor dan perangkat keras lainnya akan terhubung dengan perangkat lunak, driver perangkat yang memungkinkan perangkat keras untuk berkomunikasi dengan komputer.

Kita telah melihat sekilas tentang perangkat keras yang diperlukan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih. Menghubungkan perangkat keras itu agak sederhana ketika kita menghubungkan komputer kita menggunakan teknologi nirkabel. Pelajari semua yang Kamu bisa tentang jaringan PC dan Kamu akan bersyukur memiliki pengetahuan ini saat Kamu mengalami masalah komputer.

Karena kita telah melihat komponen jaringan dasar, saatnya untuk melihat bagaimana setiap komponen dipasang dan dihubungkan, kemudian kita akan melihat bagaimana cara memindahkan data dari satu mesin ke mesin lainnya dan berbagi internet menggunakan broadband dengan DSL atau modem Kabel Ingatlah untuk menikmati belajar tentang komputer dengan melakukan tugas sebanyak yang Kamu bisa tanpa menyebabkan kerusakan pada sistem Kamu.

Tinggalkan komentar