5 Rekomendasi Tanaman Hias yang Anti Ribet-Ribet Club!

5 Rekomendasi Tanaman Hias yang Anti Ribet-Ribet Club! – Gagal Sarjana

BuletinJakarta.com – Semenjak pandemi menerpa Indonesia, diberlakukannya kebijakan untuk stay at home, mulai dari aspek pendidikan yang menerapkan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) hingga WFH (Work From Home). Hal tersebut membuat sebagian masyarakat pun melakukan hobinya di rumah agar tidak merasa bosan. Sebagian dari mereka malah menemukan hobi baru seperti salah satunya mengoleksi tanaman hias.

Tren tanaman hias yang semakin populer, membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya. Tidak hanya terjadi tahunan, tren yang satu ini pun terjadi di setiap bulannya. Selain fungsinya yang dapat mempercantik ruangan dan taman, terdapat sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan seperti menurunkan stress, meningkatkan kualitas udara, meningkatkan fokus dan konsentrasi  hingga menurunkan risiko alergi. Sebelum memulai hobi yang satu ini, banyak hal yang harus Anda persiapkan seperti membeli pot bunga, tanah tanaman, pupuk bunga sampai kondisi dan cuaca lingkungan Anda. Namun, bukan berarti memelihara tanaman hias itu repot, loh! berikut beberapa rekomendasi tanaman hias yang mudah dirawat dan banyak manfaat!

Philodendron

Tanaman tropis yang satu ini menyukai kelembapan dan sinar matahari. Philodendron dapat beradaptasi dengan mudah. Anda bisa meletakkan mereka di bawah sinar matahari baik langsung maupun tidak langsung. Perhatikan daunnya, jika menguning, kemungkinan terlalu banyak cahaya matahari yang terkena. Dalam merawatnya, Anda hanya perlu menjaga tanah tanaman tersebut untuk tetap lembab secara konsisten dan jika ingin menyiram, siramlah jika tanah di atas sudah kering.

Philodendron memiliki daun yang lebar sehingga ini menjadi “PR” Anda untuk membersihkan daunnya agar terhindar dari penumpukan debu yang bisa menghambat fotosintesis. Berikanlah pupuk secara teratur untuk daun yang lebih besar dan lebih sehat. Walau memiliki manfaat dapat menyerap polutan udara di dalam udara, namun nyatanya Phillodendron mengandung racun jika sampai tertelan, maka dari itu jauhkanlah tanaman yang satu ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Kaktus

Tanaman kaktus bisa dibilang masuk ke dalam tanaman dengan perawatan anti ribet. Sebab hanya membutuhkan perawatan yang sederhana dan tidak rutin. Anda dapat menanam tanaman berduri ini di media pasir seperti habitat asalnya yakni gurun. Mereka menyukai kondisi kering dan tidak lembab, sehingga jika ingin menyiramnya, Anda harus melihat cuaca terlebih dahulu. Jika cuaca kering, siram tiga hari sekali. Jika musim hujan, menyiramnya seminggu sekali saja sudah cukup. Gunakan spray sebagai media penyiraman, agar kaktus tidak lembab. Berasal dari gurun bukan berarti kaktus bisa berlama-lama di bawah matahari sebab akan membakar tubuhnya.

Kaktus sangat baik dalam membersihkan udara serta membuang racun. Tanaman ini mampu menghilangkan sampai 87 persen senyawa organik volatil (VOC) seperti benzenda dan formaldehida yang seringkali ditemui pada tinta, buku, karpet, dan asap rokok. Selain itu kaktus memiliki manfaat yakni dapat mengurangi batuk, flu, dan sakit kepala jika Anda menempatkannya di ruangan.

Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini tidak hanya cantik dengan sejuta manfaat yang oke, lidah buaya memiliki tekstur kulit yang menarik untuk dijadikan dekorasi. Terbilang sangat mudah dirawat, Anda hanya perlu menyiram sekitar satu kali setiap tiga minggu, yang penting disiram dengan air yang cukup banyak. Untuk itu, cobalah lakukan uji pada lidah buaya untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk disiram. Masukkan jari Anda ke dalam tanahnya dan jika terdapat tanah basa yang menempel, maka ini pertanda bahwa Anda bisa menyiram di lain waktu.

Membahas mengenai manfaat, gel yang terdapat pada lidah buaya memiliki manfaat dapat membantu meringankan luka bakar dan lecet, jika sewaktu-waktu ada orang di sekitar Anda yang mengalaminya, Anda tinggal memotong daunnya saja, lalu mengambil isinya. Mudah, bukan?

Peace Lily

Dengan daun hijau pekat dan bunga putih, menjadikan tanaman ini memiliki komponen yang cukup ideal untuk diaplikasikan di dalam ruangan. Apabila Anda gemar akan karakter bunga yang anggun dan gampang di rawat, tanaman ini merupakan pilihan terbaik untuk Anda. Tanaman ini dikategorikan sebagai tanaman tropis yang menyukai kehangatan dan kelembapan.

Dalam merawatnya, Anda hanya cukup menyiram air guna menjaga agar tanah tetap lembab. Perlu diketahui bahwa Peace Lily lebih menyukai sedikit air dibandingkan air yang terlalu banyak. Jadi berhati-hati dalam menyiram agar tidak terlalu banyak air dan biarkan tanah mengering sebelum disiram lagi. Percikan pula air pada daunnya guna menjaga kelembaban, letakkan tanaman di tempat yang hangat dan hindari sinar matahari langsung. Ohiya, anggun-anggun begini ternyata tanaman ini beracun, loh! Jadi letakkan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, ya!

Monstera Deliciosa

Jika mendengar namanya, mungkin banyak dari Anda yang tidak familiar, namun ketika sudah melihat bentuknya, pasti banyak yang sudah tidak asing lagi. Tanaman yang satu sampai-sampai dibuat bentuk palsunya (tidak hidup) sebab sangat oke jika dijadikan sebagai decor kamar ala-ala aesthetic begitu. Tanaman ini sudah lama menjadi buah bibir di Indonesia karena memiliki bentuk daun yang unik. Kuat akan cuaca dingin maupun panas, Monstera Deliciosa masuk ke dalam salah satu tanaman merambat.

Jika ingin merawatnya, bermodalkan banyak cahaya dan kelembaban, tanaman ini sudah bisa tumbuh dengan baik. Namun, bukan berarti menaruhnya di tempat matahari langsung, ya! Simpan tanaman ini di tempat yang teduh dan lembab seperti di dalam kamar mandi. Siram rutin seminggu sekali dan lagi-lagi jangan melupakan untuk membersihkan daun lebarnya. Lagi-lagi, sayangnya buah tanaman ini mengandung asam oksalat yang berbahaya jika sampai dikonsumsi. Jadi, taruh di tempat yang aman, ya!

Itu dia tadi beberapa rekomendasi tanaman hias yang gampang dirawat sekaligus memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Untuk membeli perlengkapan selama merawat tanaman hias, Anda bisa membeli melalui toko online saja seperti di Blibli. Selain suka diskon, e-commerce yang satu ini juga terpercaya.

Kira-kira, Anda suka yang mana, nih?