Apa sih Cloud Hosting? Dan kapan kita perlu itu?

Sudah tau apa itu cloud hosting? Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah hosting, namun tidak sedikit juga yang belum mengetahui apa itu layanan hosting. Nah Sebelum kita mengulas pembahasan sesuai judul, mari kita simak penjelasan mengenai apa itu hosting terlebih dahulu.

Hosting yaitu service yang digunakan untuk menyimpan data-data dalam website, yang memungkinkan data-data tersebut nantinya dapat diakses oleh orang lain menggunakan internet. Data-data tersebut bisa berupa file dokumen, program, gambar, video, audio hingga database. Umumnya, hosting disewakan dalam kapasitas tertentu sesuai dengan kebutuhan user, maka semakin besar kapasitas yang dibutuhkan semakin besar pula biaya yang harus di keluarkan oleh user.

Jadi, jika seseorang ingin website yang dibuatnya bisa diakses oleh publik melalui internet, maka harus menggunakan layanan hosting. Seperti layanan hosting dari Sarjana Web yang menyediakan cloud hosting share menggunakan google cloud dengan kapasistas yang beneran unlimited! Kenapa unlimited? Karena jika penyimpanan sudah penuh akan ditambah lagi.

Nah biasanya, layanan hosting yang paling sering digunakan adalah web hosting tradisional, dimana data-data pada website kita nantinya disimpan dalam satu server yang ada pada sebuah hardware atau perangkat keras.

Dalam perkembangannya, web hosting tradisional telah memiliki beberapa macam tipe untuk mengakomodir kebutuhan client. Beberapa web hosting yang sering digunakan yaitu: Shared Web Hosting, Dedicated Server, VPS Hosting dan Managed VPS.

Semakin berkembangnya teknologi, saat ini sudah banyak para developer yang mulai beralih menggunakan layanan cloud hosting, baik untuk kebutuhan individu maupun perusahaan.

Lalu apa itu cloud hosting? Sudahkah kalian familiar dengan layanan hosting ini? Layanan hosting terbaru yang saat ini sudah populer dan banyak digunakan oleh para developer.

Cloud hosting adalah salah satu layanan hosting yang digunakan untuk menyimpan data-data pada website secara virtual yang ada dalam internet dengan menggunakan banyak server yang saling terhubung dan berinteraksi satu sama lain untuk menjaga performa dan jam kerja pada server. Layanan hosting ini tidak lagi menggunakan ruang penyimpanan fisik hardware atau perangkat keras seperti web hosting tradisional.

Konsep utama dari cloud hosting sendiri yaitu menggunakan konsep “Divide and Rule”, dimana sumber daya yang diperlukan tersebar di lebih dari satu server dan disajikan sesuai kebutuhan. Hal ini dapat mengatasi jika terjadi kendala seperti loading yang lambat atau downtime saat terjadi kerusakan pada server.

Cloud hosting ini tidak hanya bergantung pada satu server, yang memungkinkan pengelolaan data menjadi lebih mudah dan terhindar dari masalah bandwidth, ini karena kita bisa mendapatkan dukungan dari server lain yang tergabung dalam system cloud tersebut. Lain halnya yang terjadi pada web hosting tradisional, layanannya masih dibatasi dengan bandwidth sesuai kuota, sehingga bisa terdampak resiko performa web melambat.

Nah dilihat dari segi biaya, dalam cloud hosting ini kita hanya perlu mengeluarkan biaya sesuai dengan layanan yang kita dapatkan, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk server yang tidak kita gunakan. Sementara pada web hosting tradisional, kita biasanya harus membayar server yang kita gunakan juga dengan hardware nya. Padahal bukan hanya kita yang menggunakan ruang tersebut, tetapi juga digunakan oleh pengguna yang lain.

Nah, sama halnya dengan web hosting tradisional, layanan cloud hosting ini juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai kebutuhan berbagai jenis website, baik untuk pribadi maupun untuk perusahaan. Namun cloud hosting ini sangat di rekomendasikan digunakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, yang mana kegiatan operasionalnya didominasi oleh fungsionalitas website, seperti marketplace, informasi perbankan, ataupun proyek-proyek yang memiliki trafik tinggi lainnya, karena mempunyai resource yang tidak terbatas (Unlimited Bandwidth) sehingga website yang mempunyai trafik yang sangat tinggi akan terus stabil dan bisa up dengan resource yang unlimited tersebut.

Jadi untuk kalian yang ingin membuat website baru, ataupun sedang dalam proses pengembangan website berupa marketplace, perbankan, situs berita, ataupun proyek lain yang memiliki trafik tinggi sangat direkomendasikan untuk menggunakan layanan cloud hosting ini.

Tinggalkan komentar