Apa Itu Internet Of Things? 4 Hal dasar yang bisa kita lakukan

Sudah familiar dengan Internet Of Things atau IoT? Apa itu IoT? Apa yang dapat dilakukan IoT? Dan bagaimana Internet Of Things ini bekerja? Berbagai aktivitas manusia saat ini sudah tidak bisa lepas dari dunia teknologi, khususnya internet. Semakin pesatnya perkembangan teknologi, membuat para ahli teknologi selalu ingin menciptakan hal-hal yang lebih canggih lagi.

Biasanya, dulu kita hanya sering melihat mengenai teknologi yang canggih hanya lewat cerita fiksi saja di televisi. Tapi sekarang, berbagai peralatan sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih di dunia nyata. Hal ini tentu dibuat untuk semakin memudahkan pekerjaan manusia sehari-hari.

Jika biasanya untuk mematikan AC, listrik atau televisi itu harus langsung berhadapan dengan bendanya, kini bisa dilakukan lewat jarak jauh dimanapun kita berada hanya dengan alat handphone yang kita punya. Kemudian ada smart car yang bisa jalan sendiri tanpa pengemudi manusia. Seluruh teknologi terbaru ini adalah sebagian dari Internet of Things atau IoT.

Jadi, apa itu IoT? IoT atau Internet Of Things adalah sebuah konsep dimana suatu objek tertentu yang dapat terhubung lewat jaringan internet tanpa ada interaksinya interaksi langsung, baik dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke komputer, dan mampu mengidentifikasi ke perangkat lain.

Perkembangan IoT ini sudah memasuki teknologi nirkabel, internet, dan micro-electromechanical system atau (MEMS).

IoT juga sering diidentifikasikan dengan RFID (Radio Frequency Identification) sebagai metode komunikasi. Namun, IoT juga bisa mencakup teknologi-teknologi sensor lainnya, seperti teknologi nirkabel maupun kode QR yang sering kita temukan.

Sederhananya, IoT yaitu mengacu pada objek di kehidupan sehari-hari yang dapat dihubungkan ke internet. Dan adapun kemampuan IoT ini sangat bermacam-macam, misalnya dalam berbagi data dan menjadi remote control.

Bagaimana cara kerja IoT? Cara kerja IoT yaitu dengan memanfaatkan suatu argumentasi pemrograman, yang mana tiap-tiap perintah argumennya itu bisa menghasilkan suatu interaksi antar sesama objek yang telah terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia bahkan dalam jarak yang jauh pun, objek tersebut masih bisa saling terhubung dengan internet media penghubungnya.

Tugas manusia disini adalah sebagai pengontrol dan pengatur dari objek-objek yang bekerja tersebut secara langsung.

Apakah ada tantangan dalam IoT?

Tantangan terbesar dalam IoT ini yaitu bagaimana menyusun jaringan komunikasinya sendiri. Mengapa sulit? Karena jaringan tersebut sangatlah kompleks dan memerlukan suatu system keamanan yang cukup ketat. Selain itu, biaya operasional dan pengembangan IoT yang cukup mahal sering menjadi penyebab kegagalan pengembangan dan pembuatannya di produksi.

Bahan dasar pembentuk IoT

Konektivitas

Konektivitas ini berfungsi sebagai penghubung, jaringannya tidak harus selalu berskala besar ataupun mahal, bisa juga tersedia dalam skala yang lebih kecil dan lebih murah. Biasanya yang dibutuhkan itu jaringan yang harus selalu stabil.

Sensor

Sensor ini merupakan perangkat yang membuat IoT menjadi unik dan beda dibandingkan dengan perangkat canggih lainnya. Sensor ini bisa menangkap dan mendapatkan informasi dari hal-hal yang kita butuhkan seperti melalui sensor gerak, suhu, cahaya, dan lain-lain.

Perangkat berukuran kecil

IoT memanfaatkan perangkat-perangkat kecil ini untuk mendukung dan meningkatkan ketetapan, skalabilitas, dan fleksibilitas dalam pengembangan IoT. Seperti yang diperkirakan oleh para pakar teknologi, bahwa memang semakin kecil suatu perangkat, semakin murah dan semakin kuat dari waktu ke waktu.

Penerapan Internet of Things

Nah setelah mengetahui apa itu IoT, bagaimana cara kerjanya serta apa saja unsur-unsur pembentuknya, lantas dibidang apa saja IoT ini bisa diterapkan? Berikut macam-macam bidang penerapan IoT, diantaranya:

1. Medis atau Kesehatan

Dalam dunia kesehatan, tentunya IoT ini sangat bermanfaat sekali. Saat ini teknologi IoT yang sudah diterapkan dan dikembangkan yaitu tempat tidur pintar di rumah sakit yang bisa otomatis memberitahukan dokter atau perawat ketika pasien hendak bangun dari tempat tidur . Bahkan kedepannya, smartphone akan menjadi alat pemantau kesehatan yang canggih dan tentunya dapat meringankan dan membantu manusia.

2. Transportasi

Seperti yang sudah di ceritakan di awal, bahwa sekarang sudah ada smart car atau mobil pintar yang bisa mengantar kita ke tujuan tanpa dikemudikan langsung oleh manusia. Sangat keren bukan?

3. Pertanian

Pengaplikasian IoT di bidang pertanian beberapa diantaranya adalah mengumpulkan data soal suhu, serangan hama, curah hujan dan masih banyak lagi. Dan tentunya, hal tersebut dapat dilakukan oleh para petani dari jarak jauh.

4. Lingkungan Rumah

Perangkat IoT di lingkungan rumah bisa digunakan untuk memantau dan mengontrol apapun yang ada di dalamnya. Seperti mematikan barang-barang elektronik dari jarak jauh, membuka pintu dengan sensor gerak, dan masih banyak lagi.

Bagaimana? sangat canggih dan keren kan tentunya teknologi Internet Of Things ini? Dengan menggunakan tenologi IoT ini, tentunya sangat mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia.

Tinggalkan komentar