Apa itu SEM? Search Engine Marketing, alternatif SEO yang bisa kamu lakukan

Apa itu SEM atau Search Engine Marketing? SEM merupakan salah satu taktik atau cara dalam SEO. Para pebisnis di bidang digital mungkin sudah pernah mendengar istilah SEM atau SEO. Nah pengertian apa itu SEO sudah kami bahas di artikel sebelumnya : Apa Itu SEO? Seberapa pentingnya untuk website?

SEM atau Search Engine Marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website tersebut di mesin pencari seperti Google (SERP). Ini merupakan salah satu saluran terpenting untuk menghasilkan traffic di web. Dulu SEM dikatakan juga sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran pencarian online yang di dalamnya mencakup juga hal – hal seperti SEO.

Namun seiring perkembangannya, istilah SEO dan SEM kemudian menjadi istilah yang terpisah namun saling melengkapi. SEM saat ini lebih khusus merujuk pada iklan berbayar di dalam mesin pencari.

Banyak sekali manfaat-manfaat yang dapat diperolah dari penggunaan Search Engine Marketing ini, antara lain adalah

SEM mampu meningkatkan konversi

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa biasanya uang memang sudah menjadi tujuan utama dalam kampanye pemasaran. Namun sasaran kampanye lainnya yang juga menjadi penting bagi para pebisnis digital dan selalu ingin dicapai jangan sampai di abaikan, seperti bertambahnya subscriber baru atau pelanggan baru, dan mengikuti suatu acara yang di infokan dalam website yang kita miliki. Search Engine Marketing merupakan pendorong konversi yang penting dan sangat efektif bagi jenis pemasaran apapun, ini karena iklan berbayar ditautkan langsugng ke halaman landing page yang berfokus pada konversi.

Dapat Memperoleh Hasil Lebih Cepat

SEM sangat memiliki potensi dalam peningkatan traffic web. Karena rata-rata ketika iklan sudah di jalankan dan ditayangkan, kita bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung dan klik, dan itu tidak harus membutuhkan waktu yang lama. Walaupun biasanya pembuatan iklan membutuhkan waktu beberapa menit dan terkadang membutuhkan persetujuan-persetujuan dari pihak-pihak tertentu sebelum muncul di mesin pencari (SERP), namun poinnya adalah ketika iklan tersebut ditayangkan maka responyang kita dapat akan terasa lebih meningkat.

SEM dapat meningkatkan Brand Awareness

Menurut riset Goggle, iklan di mesin pencarian bisa meningkatkan brand awarnesess sebanyak 80%. Bahkan jika nama brand tersebut tidak mendapatkan klik , nama brand masih bisa terlihat jelas di mesin pencari, dan kemungkinan para pengguna masih bisa membaca nama brand, mengenali produk tersebut ataupun URL ketika melihat iklan tersebut.

SEM dapat digunakan walaupun dalam keadaan budget terbatas

Masih banyak yang ragu dalam hal yang berkaitan dengan SEM, yaitu masalah biaya. Banyak perusahaan yang berfikir bahwa biaya SEM sangat mahal, padahal kenyatannya penerapan SEM tidak semahal manfaat yang diperolehnya. Tapi jangan lupa, hal ini bisa terjadi jika SEM dikelola dengan benar dan menjalankannya secara tepat.

SEM mampu menghasilkan traffic yang konsisten dan tepat sasaran

Dalam dunia bisnis, setiap bisnis pasti ingin adanya peningkatan web traffic yang konsisten untuk mempertahankan penjualan dan visibilitasnya. Tujuan konsistensi traffic juga agar bisa untuk merencanakan dan memperkirakan kampanye pemasaran kita.

Namun sayang sekali, terkadang memang sering terjadi penurunan traffic web. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, iklan di mesin pencari bisa di manfaatkan untuk menciptakan traffic yang konsisten hanya untuk kata kunci tertentu. Google pernah mengatakan bahwa SEM bisa lebih stabil dibandingkan dengan teknik digital marketing yang sejenis lainnya, yang mana bisa membantu untuk mengontrol jumlah lalu lintas yang datang ke website kita dalam waktu tertentu.

Dengan adanya SEM, kita tidak hanya bisa meningkatkan web traffic yang tinggi, tetapi juga memiliki kemampuan dalam mendatangkan traffic yang tepat sasaran.

SEM memiliki banyak keuntungan

Lagi-lagi menurut riset yang dilakukan oleh Google, dimana bisnis merupakan kegiatan yang dapat menggandakan investasinya melalui AdWords atau iklan berbayar. Dilihat dari faktanya, rata-rata bisnis dapat menghasilkan pendapatan sekitar $2 USD untuk setiap $1 USD yang mereka keluarkan. Hal ini terbukti oleh fakta yang berinteraksi dengan iklan PPC menunjukan bahwa 52% orang yang belanja online akan segera mengikuti hasil penelusuran mereka dengan menghubungi si pembuat iklan.

Demikian pembahasan mengenai Search Engine Marketing (SEM) beserta manfaatnya. Semoga dengan membaca artikel ini kalian bisa mengetahui dan lebih memahami tentang SEM. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan komentar