Bijak dalam menggunakan Cryptocurrency

Belakangan ini kita sering mendengar metode pembayaran dengan Cryptocurrency atau jual beli mata uang yang bersandar pada Cryptocurrency. Sebenarnya apa yang dimaksud Cryptocurrency itu sendiri, apa saja fungsi dan manfaatnya yang dapat kita pergunakan dan manfaatkan. Kali ini kamu akan mendapatkan sedikit tips mengenai Cryptocurrency ini, disimak ya supaya nanti kamu tidak lagi bingung ketika suatu saat kedepan kamu masuk toko yang menerima Cryptocurrency.

Perjalanan panjang dari Cryptocurrency berawal dari dikembangkannya BitCoins sebagai sebuah produk Cryptocurrency atau Mata uang digital pada tahun 2009, Cryptocurrency sendiri memiliki artian dari kata dua buah kata yaitu “cryptography” yang berarti sebuah kode rahasia, dan “Currency” atau mata uang.

Mata Uang Digital

Sebenarnya sebelum ada istilah Cryptocurrency dan mata uang BitCoins, pada awal 2000 sudah terlebih dahulu ada istilah E-Gold yang berbasiskan Emas yang sempat dipertanyakan kekuatan nilai Emas yang dimiliki oleh E-Gold. Namun berbeda dengan E-Gold, BitCoins mengakui bahwa Cryptocurrency BitCoins tidak memperkenalkan diri sebagai “pengganti” atau “produk” yang berdasarkan pada nilai dari Emas, seperti diketahui Emas menjadi salah satu penentu nilai suatu mata uang dari sebuah negara.

Mata uang digital ini berbeda dengan mata uang konvemsional yang bersifat terpusat atau sentralisasi, mata uang digital bersifat desentralisasi. Tidak ada perantara diantara sebuah transaksi yang terjadi atau peer-to-peer.

Legalitas

Penggunaan Cryptocurrency sebagai alat pembayaran di Indonesia tergolong baru, sebab kegiatan jual beli atau transaksi apapun termasuk investasi baru mendapatkan ijin dari Badan yang bertugas mengawasi pasar berjangka atau Bappebti pada bulan Februari tahun 2019 lalu.

Penggunaannya sendiri di Indonesia tidak diketahui dengan pasti dari tahun berapa dan apakah aktifitas sebelum mendapatkan ijin tersebut dinyatakan legal atau illegal. Yang jelas pada saat ini kamu sudah bisa menggunakan dengan nyaman Cryptocurrency yang sudah banyak turunan mata uangnya tidak hanya BitCoins saja.

Jumlah Mata Uang Digital

Penggunaan dan perkembangan mata uang digital ini dinilai cukup pesat dan menjanjikan dari segi bisnis investasi. Sehingg berbagai mata uang digital baru selalu muncul dan terus bermunculan.

Tercatat ada beberapa mata uang digital yang dinilai sudah memiliki nilai kapitalisasi pasar yang melebihi angka $1 miliar. Berikut ini beberapa mata uang digital yang diperkirakan sudah memiliki kapitalisasi pasar diatas $10 Milliar.

  • Bitcoin, merupakan mata uang pertama dan tertua yang sudah memiliki nilai kapitalisasi pasar lebih dari $60 Miliar.
  • Ethereum, dengan nilai kapitalisasi pasar diatas $13.50 miliar ini pantas menjadi pilihan di peringkat kedua.
  • XRP, kekuatan kapitalisasi pasarnya nyari mendekati dari Ethereum yakni diatas $12.50 Miliar.

Tentunya masih banyak lagi mata uang digital yang kini sudah melewati nilai penguasaan pasar dengan nilai kapitalisasi diatas $5 miliar.

Sebenarnya setiap hal didunia ini pasti ada kelebihan dan kekurangannya, sekarang kamu harus mengetahuinya nih, apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari Cryptocurrency. Berikut ini point-point penting dari kelebihan dan kekurangan yang wajib kamu ketahui tentang Cyptocurrency atau mata uang digital.

Kelebihan Mata Uang digital

  • Perubahan nilai terutama kenaikan nilai dari mata uang digital masih menjanjikan.
  • Dengan Blockchain proses pembayaran mata uang digital ini dapat terjadi dengan mudah, cepat dan tentunya aman.
  • Tidak adanya pemalsuan uang karena dengan Blockchain dapat mencegah mata uang melakukan transaksi ganda.
  • Tidak diperlukan identitas asli, namun pada beberapa Wallet atau dompet mata uang digital terutama di Indonesia, verifikasi data asli masih diperlukan.

Kekurangan Mata Uang Digital

  • Belum terlindungi dengan baik terhadap hukum.
  • Kenaikan dan Penurunan nilai mata uang yang berubah dengan cepat dan drastis.
  • Prediksi naik turunnya mata uang digital sulit diprediksi.
  • Tidak ada alternatif lain untuk login atau mengakses Dompet uang digital apabila kita lupa Sandi atai Wallet Key.

Sekarang kamu sudah sedikit paham dengan Cryptocurrency kan. Nah bisa jadi kamu sudah pernah memiliki atau mungkin sekarang sudah menjadi Investor mata uang digital ini. Yuk kita berbagi pengalaman di kolom komentar dibawah ini ya

Tinggalkan komentar