Cara Cek Ongkos Kirim dan Tracking Resi Pada Ekspedisi

Cara Cek Ongkos Kirim dan Tracking Resi Pada Ekspedisi – Gagal Sarjana

BuletinJakarta.comSentral Cargo merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa pengiriman di wilayah Indonesia. Perusahaan ini terutama melayani pengiriman barang via darat dan udara. Kemajuan teknologi digital juga telah menjadikan perusahaan ini memiliki sistem dan aplikasi bagi konsumen untuk cek ongkos kirim secara praktis. 

Saat ini Sentral Cargo telah menjalin kerjasama dengan beberapa maskapai penerbangan domestik seperti Citilink, Garuda Air, Lion, dan juga Sriwijaya. Hal ini membuat pengiriman barang via udara menjadi lebih efektif dan tepat waktu. Pengiriman cepat menjadi salah satu komitmen dari Sentral Cargo untuk konsumennya.

Cara Cek Ongkir Sentral Cargo

Sentral Cargo memiliki cabang di banyak kota yang semakin memudahkan konsumen untuk melakukan pengiriman barang. Selain itu, hal ini juga akan mempermudah ketika Anda perlu melakukan pengecekan ongkos kirim. Anda bisa mendatangi kantor cabang terdekat untuk mengetahui berapa ongkirnya sebelum barang dikirim.

Di jaman digital ini, Anda juga bisa dengan mudah melakukan pengecekan ongkos kirim secara online melalui website ataupun aplikasi. Untuk memanfaatkan aplikasi Sentral Cargo, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu dari Play Store. Banyak kemudahan yang akan Anda peroleh dengan menginstal aplikasi ini.

Lantas, bagaimana caranya cek ongkir melalui website Sentral Cargo?

  1. Masuk ke laman https://sentralcargo.co.id/ongkir
  2. Masukkan kota asal pengiriman
  3. Pilih kota tujuan
  4. Tentukan berapa berat barang yang akan dikirim
  5. Tekan tombol cari

Setelah Anda melalui lima tahapan tersebut di atas, sistem secara otomatis akan menampilkan jumlah ongkos kirim yang perlu Anda bayarkan. Meski demikian ada kemungkinan biaya kirim menjadi berbeda ketika Anda membawa barang yang akan dikirim ke kantor cabang. 

Hal tersebut di atas bisa terjadi karena perbedaan cara menghitung berat barang. Ketika melakukan pengecekan ongkos kirim, Anda memasukkan berat asli barang, sementara petugas menghitung berdasarkan volumetrik karena kemasan yang besar meskipun bobotnya ringan.

Beginilah Cara Tracking Resi Pengiriman Sentral Cargo

Setelah melakukan pengiriman barang, Anda bisa dengan mudah memantau perjalanan barang tersebut. Hal ini bisa Anda lakukan melalui website Sentral Cargo maupun aplikasi yang dapat diunduh dari Play Store.

Dengan melakukan tracking resi, Anda dapat mengetahui posisi barang yang dikirimkan telah sampai dimana. Apabila menginginkan pengiriman cepat, sebaiknya pilihlah pengiriman via udara. Anda bisa mengikuti cara tracking resi berikut ini.

  1. Siapkan nomor resi atau Air Way Bill (AWB) yang tercantum dalam lembar bukti pengiriman Sentra Cargo
  2. Kunjungi laman website https://sentralcargo.co.id
  3. Pilih menu Cek Resi
  4. Masukkan nomor resi atau nomor AWB atau nomor barcode ke dalam kolom yang telah disediakan
  5. Apabila nomor resi telah ditulis dengan benar, klik pilihan Lacak Sekarang

Secara otomatis sistem akan menampilkan posisi paket yang dikirimkan pada bagian bawah kolom pencarian. Dari sini Anda dapat mengetahui apakah paket yang dikirimkan masih di perjalanan atau sudah sampai tujuan. 

Apa Saja Syarat Mengirimkan Barang Melalui Sentral Cargo?

Untuk dapat melakukan pengiriman barang melalui ekspedisi ini, maka Anda perlu untuk mematuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Beberapa syarat pengiriman barang melalui Sentral Cargo adalah sebagai berikut:

  1. Anda wajib menuliskan nama, alamat, dan nomor telepon penerima secara lengkap.
  2. Memberitahukan isi paket kepada petugas.
  3. Tidak menerima pengiriman bahan berbahaya, obat-obatan terlarang, bahan-bahan yang mudah terbakar dan atau meledak, juga yang melanggar peraturan pemerintah.
  4. Setiap paket harus sudah terbungkus rapi dan aman.
  5. Pihak Sentral Cargo tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan maupun kerusakan barang apabila konsumen tidak mentaati peraturan.

Cek ongkos kirim dan tracking resi pengiriman melalui Sentral Cargo adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Anda dapat terus memantau perjalanan paket hingga sampai kepada penerima. Dengan semboyan In Trust We Grow, Sentral Cargo terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik dan mendapatkan kepercayaan konsumen.