Cari Lagu di Spotify cukup Ketik Lirik lagu

Cari lagu di Spotify cukup ketik lirik lagu

Mencari lagu yang kita ingin dengarkan biasanya cukup dengan mengetikan judul lagu nya saja, tapi cukup merepotkan kalau kita tidak tau Judul lagunya bukan ? sekarang Spotify yang merupakan aplikasi layanan streaming musik digital, podcast dan video ini memberikan kemudahan untuk penggunanya.

Sekarang kalau kamu cari lagu di Spotify cukup ketik lirik lagu saja maka secara otomatis Spotify akan menampilkan hasil pencarian. Lirik yang diketik ini cukup penggalan lirik yang unik dan tidak terlalu pendek supaya hasil pencariannya lebih spesifik.

Dengan hadirnya fitur ini, menempatkan Spotify sebagai pesaing Apple Music yang sudah terlebih dahulu memiliki fitur ini pada layanannya.

Lina Wang selaku Product Designer Spotify, mengungkapkan kehadiran Fitur ini melalui akun Twitter nya pada Senin ( 5/10/2020). “My team just shipped something on iOS and Android – now you can find songs by lirik 😉 on Spotify. Give it a try,” ujar Lina.

Walaupun fitur ini belum memiliki nama yang resmi, tapi fitur ini sudah  berfungsi dan dapat di nikmati oleh pengguna Spotify untuk mencari lagu melalui Spotify.

Aplikasi pihak ketiga seperti Shazam sering digunakan pengguna Spotify untuk mencari judul lagu melalui lirik yang dituliskan di Shazam, lalu kemudian mencari judul lagu di Spotify.

Setelah kehadiran fitur ini pengguna Spotify tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga lagi. Karena pengguna spotify cukup menuliskan penggalan lirik di kolom pencarian Spotify. Yang kemudian akan direspond oleh Spotify dengan hasil pencarian judul lagu yang memiliki lirik yang kita tuliskan didalam kolom pencarian.

Sekitar setahun lalu Apple Music sudah terlebih dahulu mengeluarkan fitur pencarian menggunakan lirik ini. cara nya pun sama, pengguna cukup mengetikan kata atau penggalan lirik yang mau dicari pada kolom pencarian.

Fitur pencarian yang belum memiliki nama resmi ini, melengkapi deretan fitur baru Spotify seperti fitur Collaborative Playlist minggu lalu yang berfungsi untuk mengajak teman atau keluarga untuk membuat sebuah playlist bersama-sama.

Diharapkan fitur ini dapat lebih detail dan spefisik dalam proses pencarian dengan ditingkatkan ketajaman dari fungsi pencarian yang dapat mengurangi kesalahan dalam menampikan hasil pencarian.

Bagaimana apakah kamu sudah mencoba fungsi baru ini ? beberapa lagu Indonesia sih sudah dicoba dan tampil dengan baik. Yuk buat yang sudah coba, di chare dikolom komentar. Siapa tau kita bisa buat playlist bersama di fitur Collaborative Playlist.

Default image
Rizky Amalia
Hobi membaca perkembangan Teknologi, akhirnya bermimpi menjadi penulis artikel tentang Teknologi. Semoga tidak sampai di dunia Mimpi saja

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply