Segera Launching, ini dia dibalik kecanggihan PlayStation 5

Mungkin bagi sebagian dari kamu masih sulit melepaskan dari ingatan sebuah spanduk atau neon-box dengan tulisan “Rental PS” atau “Rental PlayStation.” Ya, itu karena bisnis rental PlayStation ini cukup booming di awal era 2000an. Side-by-Side dengan usaha rental permainan Game Online menggunakan PC.

Sebuah produk yang dikeluarkan oleh Sony, yang berpusat di Jepang ini. Tak henti-hentinya berinovasi dalam permainan Game Console ini. Perjalanan yang dilalui oleh Sony bukanlah perjalanan mudah dalam dunia permainan konsol ini. Meskipun sempat terpuruk dalam persaingan dengan produk sejenis milik Nintendo dan Sega, Sony akhirnya berhasil mendapatkan perhatian pecinta Game Console dengan produk PlayStation nya yang cukup memukau.

Ditahun 2020 in tepatnya di bulan Juli lalu, Sony resmi mengumumkan akan merilis PlayStation 5 versi ter-anyar sekaligus perubahan significant dibandingkan pendahulunya. Kamu pasti penasaran ingin mengetahui perubahan apa aja sih sebenarnya sampai bisa heboh berita-berita tentang rilis nya PlayStation 5 ini yang melebihi kehebohan versi sebelumnya.

Perubahan mendasar yang membuat penasaran adalah Kecepatan Sistem Loading, proses loading screen ini sering kali membuat kesal pengguna Konsole Game PlayStation versi sebelumnya terutama versi terdekatnya yaitu PlayStation 4. Dengan menggunakan teknologi penyimpanan data Solid State Drive atau SSD, dapat dipastikan proses nya akan jauh lebih singkat dibandingkan PlayStation 4 yang masih menggunakan HardDisk Drive atau HDD. Bahkan di beberapa jenis permainan PlayStation 5, Sony meng klaim hanya membutuhkan waktu 1 detik saja untuk bisa memuat sebuah game hingga siap untuk dimainkan. Pasti kamu sekarang penasaran ya, ingin segera memiliki Permainan Konsole PlayStation 5 ini kan. Sabar ya, karena sebentar lagi yaitu di bulan November tahun 2020 ini, PlayStation 5 akan segera resmi berada di pasaran.

Sony dengan ciri khas tampilan grafis nya yang dikenal “tajam” dan “bersih” pun memberikan peningkatan di bagian tersebut. PlayStation 4 yang sempat memukau tampilan grafis nya hanya mampu memainkan game dengan format 4K. Pada PlayStation 5 ini, Sony memberikan 2x lipat kemampuan untuk memainkan game yaitu kemampuan memainkan game dengan format 8K, tapi ya tentu saja, kamu juga harus memeriksa TV kamu apakah sudah support tampilan layar 8K atau belum ? jangan sampai kecewa dan menyangka bahwa PlayStation 5 kamu rusak atau palsu karena tampilannya tidak maksimal.

Perlu kalian ketahui, saat ini grafik 8K bisa dibilang adalah resolusi tertinggi dan nyaris mendekati gambar nyata. Resolusi grafik 8K adalah Ultra High Definition Television atau UHDTV merupakan resolusi yang paling tinggi saat ini yang bisa kamu peroleh. Wah, jadi semakin nyata ya permainan yang akan kamu mainkan bersama PlayStation 5 ini.

Untuk kamu yang penasaran Prosesor apa sih yang dipakai oleh Sony pada Produk PlayStation 5 nya ini. Gagalsarjana memiliki bocoran nih, Prosesor yang digunakan adalah prosesor generasi ke 3 chip AMD Ryezen 8 core. Prosesor ini sangat mendukung 3D audio dan Grafik resolusi 8K yang sudah dibahas diatas. Sedangkan PlayStation 4 Pro hanya menggunakan 2.1GHz 8-Core AMD Jaguar.

Khusus kamu yang belum sempat mencicipi PlayStation 4 atau baru saja ingin membeli PlayStaion 4, ada baiknya kamu bersabar untuk tidak membeli PlayStation 4. Sebab kabarnya Sony menanamkan fitur Kompatibilitas agar permainan PlayStation 4 bisa dimainkan di Konsole PlayStation 5, tapi masih belum ada info lengkap nih, apakah ada game tertentu yang tidak bisa dimainkan atau semua nya bisa. Dan apakah fitur ini juga mendukung seri PlayStation 1, 2 dan 3 juga atau tidak.

Pecinta permainan Virtual Reality atau VR, juga akan di rangkul bersama di PlayStation 5 ini. Kabar nya nih, PlayStation 5 sudah memiliki fitur VR atau PlayStation VR yang merupakan perangkat tambahan bagi yang ingin menikmati sensasi bermain dengan teknologi VR ini.

Bermain PlayStation dengan Controller atau “Stik”, sudah pasti pernah merasakan getaran-getaran saat kita bermain Balapan, atau permainan Shooter. Kali ini ada kejutan dari Sony melalui PlayStation 5 nya. Getaran itu atau Haptic akan semakin responsif dan nyata, sehingga saat dibelakang kemudi, atau memukul lawan bahkan menembak sebuah senapan akan mendapatkan sensasi getaran balik yang berbeda beda. Wah semakin nyata saja ini produknya Sony ya.

Terakhir kita bisa lihat dari segi tampilan luarnya. Dengan masih menggunakan konsep tower, perubahannya yang lebih futuristik dan minimalis, tapi jangan salah sangka dulu. PlayStation 5 ini bisa diletakan dalam posisi Horizontal juga loh. Dan juga kita bisa lihat dari segi warna yang berbeda. Kali ini Sony menghadirkan warna dominan putih, semakin cerah dan bikin makin cinta dengan PlayStation ya.

Jadi gimana? masih pikir-pikir dulu atau langsung mau nabung untuk membeli produk PlayStation 5 ini? atau masih setia dengan PlayStation 4 nya karena TV nya belum support, kalau ini sih sama dengan saya. Kira-kira ada yang masih cinta dengan PlayStation 4 karena TV nya belum support tidak ya? tulis di komentar kira-kira apa pilihan dan nasib mu tentang PlayStation 5 ini.

Tinggalkan komentar