Hindari Hal ini Agar Anxiety Disorder Sembuh Total

Hindari Hal ini Agar Anxiety Disorder Sembuh Total – Gagal Sarjana

BuletinJakarta.comRasa cemas yang dialami secara berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan mental. Meskipun sering dialami oleh banyak orang, tetapi hal ini berbahaya jika Anda sudah tidak bisa mengontrolnya lagi. Perasaan cemas yang memburuk akan mengganggu kegiatan sehari-hari dan bisa kategorikan sebagai anxiety disorder.

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa anxiety adalah kondisi seseorang yang mengalami cemas, takut secara berlebihan, dan tidak bisa mengatasinya dengan cepat. Tercatat ada 7 penyebab yang membuat anxiety disorder muncul dalam diri seseorang, yaitu:

  1. Masalah kesehatan
  2. Pengaruh obat yang sedang dikonsumsi
  3. Stress berlarut-larut
  4. Diet terlalu ketat
  5. Adanya konflik internal dan eksternal
  6. Pemikiran negatif
  7. Mengonsumsi kafein yang berlebihan

Gejala Anxiety Disorder Muncul

Setiap orang pastinya pernah mengalami rasa cemas jika menghadapi suatu masalah yang berat. Namun, hal ini akan berbeda jika Anda merasakan gejala yang lebih parah karena bisa jadi Anda mengidap anxiety disorder. Dan berikut ini adalah beberapa gejala anxiety disorder yang harus Anda ketahui.

  • Napas cepat
  • Gemteran
  • Gugup, gelisah, dan tegang
  • Detak jantung tidak terkontrol
  • Tubuh terasa lemas
  • Sulit berkonsentrasi
  • Banyak berkeringat
  • Sulit tidur
  • Adanya perasaan seperti akan ditimpa bahaya

Beberapa gejala di atas dapat menjadi acuan bahwa gangguan cemas yang Anda rasakan merupama anxiety disorder atau bukan. Perlu Anda ketahui juga bahwa setiap orang akan mengalami gejala yang berbeda. Sehingga untuk mendapatkan diagnosa yang tepat, segeralah konsultasikan ke psikolog atau psikiater. 

Cara Mengobati Anxiety Disorder

Untuk mengobati penyebab anxiety pada remaja, diperlukan pemahaman tentang bagaimana cara mengobati anxiety disorder yang tepat. Dan berikut ini adalah 5 cara untuk menyembuhkan rasa cemas berlebih yang sering Anda rasakan. 

  • Kenali Pemicu Datangnya Anxiety Disorder

Gangguan kecemasan merupakan suatu hal yang terjadi secara berulang-ulang dengan pola yang sama. Oleh karena itu, pikirkan baik-baik apa yang membuat Anda khawatir, entah itu tentang masa depan atau karena efek samping dari minum kopi yang terlalu sering. Setelah Anda mendapatkan jawaban atas pemicu datangnya anxiety disorder, segeralah hindari penyebab tersebut agar gangguan kecemasan tidak datang lagi.

  • Usir Pikiran Negatif

Anxiety disorder dapat timbul karena adanya pikiran negatif yang menyerang pikiran. Untuk mengatasinya, Anda harus bisa melawan pikiran tersebut dengan mengalihkan perhatian ke hal-hal yang lebih positif. Perlu Anda ketahui juga bahwa pikiran negatif tersebut belum tentu terjadi, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

  • Pejari Teknis Relaksasi

Dalam beberapa kasus, gangguan kecemasan ini mampu membuat seseorang kesulitan untuk bernafas. Karena sulitnya nafas inilah yang membuat kadar oksigen dalam otak berkurang sehingga memicu perasaan panik dan takut. Anda bisa mulai dengan mempraktikan teknik relaksasi seperti meditasi dan deep breathing

  • Terbuka Dengan Perubahan

Berada di lingkungan yang toxic akan membuat gangguan kecemasan Anda semakin memburuk. Lakukan cara mengatasi anxiety yang satu ini, yaitu dengan terbuka atas perubahan. Sebisa mungkin ubah lingkungan sekitar mulai dari tempat tidur dan lingkungan lainnya yang biasa Anda kunjungi. Anda harus bisa menerima perubahan ini agar mendapatkan nuansa baru sehingga meminimalisir gangguan panik. 

  • Meningkatkan Pola Hidup Sehat

Tidak hanya keempat cara mengatasi anxiety disorder di atas, jangan lupa juga untuk terus meningkatkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, konsumsi makanan bergizi, dan istirahat yang cukup. Pola hidup sehat ini akan membuat mental tetap stabil. 

Selain beberapa cara mengatasi anxiety disorder di atas, Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahlinya. Dan kini telah hadir Riliv sebagai aplikasi konseling dan meditasi online terbaik nomor satu di Indonesia yang akan membantu Anda terkait berbagai masalah kesehatan mental.

Anda bisa melakukan konsultasi dan meditasi melalui aplikasi Riliv hingga menemukan solusi atas semua masalah yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, yuk segara unduh aplikasi Riliv dan dapatkan jawaban atas semua permasalahan yang ada.