Hologram Ala StarTrek

Hologram Ala StarTrek akan terwujud di Era 5G

Dengan adanya kemajuan teknologi kini Hologram Ala StarTrek akan terwujud di era 5G yang sedang memasuki tahap akhir dari proses persiapan Infrastrukturnya.

Pecinta StarTrek dan StarWars tentunya sudah tidak asing lagi menyaksikan adegan komunikasi dengan menggunakan Hologram.

Salah satu Operator Telekomunikasi di Indonesia yaitu XL sudah setahun lalu tepatnya dibulan Agustus 2019 memperagakan teknologi Hologram ini.

Hologram Ala StarTrek telah hadir

Pada uji coba perangkat tahun lalu tampak bahwa seorang Direktur Jaringan hadir memberikan sambutan kepada yang hadir dalam bentuk Hologram.

Coba kamu bayangkan bila tahun lalu saja Hologram sudah bisa dihadirkan secara nyata dihadapan orang banyak, maka apa yang terjadi pada tahun 2022 atau 2024 dimana pada tahun 2024 diperkirakan Teknologi 5G akan siap di Indonesia.

Tentu saja pada acara tersebut di tahun 2019 pemaksimalan penggunaan bandwidth diarahkan pada jaringan yang dipersiapkan untuk peragaan tersebut dan tentu saja belum tersedia secara umum.

Meraka yang terlibat pada pengembangan teknologi 5G di tanah air ini baik secara korporat maupun secara individu telah sepakat bahwa kehadiran 5G ini bukanlah untuk menyingkirkan teknologi 4G yang sudah ada.

Justru kehadiran 5G ini diharapkan sebagai pelengkap dan dari jaringan 4G yang sudah ada.

Mekanisme dan kesepakatan tentang posisi dari teknologi 5G ini telah dibicarakan di berbagai pertemuan tingkat dunia dan terjadi kesepakatan tentang posisi 5G yang tidak menggusur 4G.

Indonesia sendiri pada dasarnya sudah cukup siap menghadirkan 5G di tahun 2020, namun untuk menyediakan frekuensi di Indonesia tidak lah mudah.

Ketersediaan frekuensi sudah nyaris penuh dan diperlukan penataan ulang alokasi yang sudah ada dan terpakai dan penyediaan alokasi untuk 5G yang akan mendampingi 4G dalam penyebarannya.

Untuk BTS nya sendiri hampir bisa dipastikan tidak akan menggunakan BTS baru atau perangkat yang baru, pada kondisi yang umum penyedia layanan komunikasi cukup melakukan sedikit pengaturan tambahan untuk aliran traffic 5G yang melalui perangkat tersebut.

Semua pengaturan ini memang akan diatur dan diawasi oleh pemerintah selaku regulator.

Namun sebagai pelaksana, pihak penyedia operator telekomunikasi memiliki wewenang penuh untuk menentukan alokasi penggunaan dan pembagian aliran 4G dan 5G yang masuk dan keluar dari perangkat tersebut.

Tak mau kalah dengan persiapan penyambutan era 5G, produsen perangkat elektronik termasuk Televisi dan Smartphone pun mulai mempersiapkan diri untuk mewujudkan hadirnya Hologram ala StarTrek ke tengah Masyarakat luas.

Tampaknya impian menyaksikan berita dengan hologram 3D sudah bukan lagi mimpi disiang bolong, tapi sudah menjadi pelangi yang sudah bisa di nantikan setelah turunnya hujan.

Nah kira-kira kamu kalau punya perangkat Hologram dirumah, akan kamu pergunakan untuk apa ya ? yuk berbagi ide-ide impian kamu di kolom komentar dibawah ini.

Default image
Rizky Amalia
Hobi membaca perkembangan Teknologi, akhirnya bermimpi menjadi penulis artikel tentang Teknologi. Semoga tidak sampai di dunia Mimpi saja

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply