Inil Lho Alasan Mengapa Anda Tidak Bisa Cek Resi

Inil Lho Alasan Mengapa Anda Tidak Bisa Cek Resi – Gagal Sarjana

BuletinJakarta.com – Anda ingin lacak paket memakai nomor resi, tapi cek resi tidak menunjukkan data apapun, apakah masalahnya? Ya, hal tidak menyenangkan tersebut bisa saja terjadi dan bukan selalu berarti paket Anda belum dikirim. Jadi, jangan langsung mengambil kesimpulan buruk, coba telaah dahulu apa saja yang bisa jadi penyebabnya. 

Beberapa Alasan Sukar Melakukan Cek Resi Untuk Lacak Paket Anda

Memeriksa nomor resi yang diberikan oleh toko online yang Anda gunakan adalah hal pertama yang harus dilakukan setelah berbelanja online. Anda bisa tahu apakah barang sudah dikirim atau belum serta dimanakah posisinya. Tapi, bisa saja nomor resi yang Anda dapat tidak bisa dipakai untuk lacak paket, jadi apa sajakah kemungkinan penyebabnya? 

1.    Salah Menuliskan Nomor 

Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah nomor resi paket. Apakah Anda sudah memasukkan susunan angka dan huruf yang benar atau adakah nomor yang tidak dimasukkan. Perhatikan juga huruf yang digunakan, apakah harus memakai huruf besar atau kecil. Ada banyak cara penomoran resi dan tiap jasa pengiriman memiliki ciri penulisan yang berbeda-beda. 

2. Salah Input Jasa Pengiriman 

Kalau kamu sudah yakin nomor resi benar, cocokkan dengan tempat pengirimannya. Kini ada banyak jasa pengiriman yang bekerjasama dengan toko online. Bisa saja Anda meminta paket dikirim melalui jasa pengiriman tertentu tapi akhirnya dikirim dengan jasa pengiriman yang lain. Lihat lagi info dari pengirim mengenai nama jasa pengiriman dan pengecekan resi ulang. 

3. Server Jasa Pengiriman Gangguan

Kalau Anda sudah memastikan paket tidak bisa dilacak bukan karena kesalahan penulisan mana mulailah mempertimbangkan kalau mungkin ada gangguan pada server jasa pengiriman yang Anda pakai untuk input nomor resi. 

Alasannya bisa karena banyak pengguna yang memeriksa resi pada waktu yang sama, server sedang dalam perbaikan dan masih banyak alasan lain. Coba beberapa kali, kalau masih bermasalah, coba tempat pemeriksaan resi lainnya yang bisa memeriksa resi dari beberapa jasa pengiriman. 

4. Sistem Tracking Ekspedisi Belum Real Time

Walau sekarang sudah era digital, tetapi ada saja kemungkinan jasa pengiriman yang Anda gunakan masih memakai sistem manual dan belum real time. Bisa juga paket Anda dikirim pada malam hari dan kurir yang menerima paket belum menginput data karena sistemnya masih lambat. Berikan waktu satu sampai dua hari, kalau masih belum bisa mengecek nomor resi, coba hubungi pihak pengirim untuk memeriksanya. 

5. Nomor Resi Palsu

Ketika tidak bisa lacak paket yang Anda nanti-nantikan, bisa saja nomor resi yang Anda miliki ternyata palsu. Kini toko online yang sudah menerima pembayaran bisa saja tidak mengirimkan paketnya. Jadi nomor resi yang diberikan adalah fiktif. Oleh karena itu, kalau belanja, pastikan memiliki info cek nomor resi yang handal. Yang Anda bisa lakukan sekarang adalah menghubungi pihak pengirim. Kalau sulit dihubungi, kemungkinan besar Anda harus merelakan uang dan paketnya karena Anda telah tertipu. 

Itulah beberapa alasan mengapa Anda sulit untuk cek resi paket. Ada beberapa kemungkinan jadi cobalah untuk memeriksa satu persatu dan jangan panik dulu. Kalau situs ekspedisi sulit diakses atau sedang bermasalah, coba memakai jasa shipper.id untuk melakukannya. Shipper memiliki situs untuk memeriksa nomor resi dari beberapa pilihan ekspedisi yang populer di Indonesia. Coba gunakan dan temukan paket Anda tersebut.