Kecerdasan Buatan! Kain Ini Bisa Kenali Jenis Makanan Diatasnya

Microsoft kelihatan cukup serius dengan permasalahan kain, tapi kain ini bisa kenali jenis makanan diatasnya. Kain yang disebut sebagai Capacitivo ini tampaknya memiliki kecerdasan dibandingkan kain biasa.

Bukan berarti kainnya hidup loh, melainkan kain ini bisa kenali jenis makanan diatasnya berkat penelitian yang dilakukan oleh Microsoft dengan menggandeng beberapa Universitas yang sering bekerja sama dengan Microsoft.

Tapi kepintaran kain ini bukan cuma terbatas pada pengenalan jenis makanan saja loh. Kain ini bisa juga kasih kamu saran hidangan yang bisa kamu santap sebagai pendamping dari makanan yang sudah dikenalinya.

Buat kamu yang sedang melaksanakan program diet, Microsoft juga mengklaim bahwa kain ini juga memiliki kemampuan untuk mempersiapkan rencana hidangan diet yang sesuai dengan kamu.

Pada awalnya kain pintar ini dipergunakan untuk mendeteksi cairan atau zat – zat kimia yang ditujukan untuk program penjinakan bom.

Pada serangkaian uji coba ternyata menunjukan bahwa kain pintar ini bisa dipergunakan untuk keperluan lainnya salah satunya kain ini bisa kenali jenis makanan  dan dengan sedikit penambahan algoritma maka kain ini bisa menyarankan hidangan pendamping lainnya.

Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan oleh Microsoft, meskipun belum mencapai keakuratan 100% namun skor akurasi yang dimiliki kain ini bisa kenali jenis makanan sebesar hampir 95%.

Hasil tersebut dinilai cukup memuaskan meskipun belum sepenuhnya mampu memberikan hasil yang tepat seperti ide awal saat penelitian ini dilakukan.

Tampaknya raksasa teknologi yang jatuh cinta pada kain bukan hanya Microsoft. Seperti diketahui Google merupakan salah satu raksasa teknologi yang juga tertarik dengan kepintaran dari teknologi.

Bersama produsen jeans terkemuka yaitu Levi’s, divisi ATAP ( Advanced Technologies and Products) Google memperkenalkan kain pintar yang di khususkan sebagai pakaian.

Dalam teknologi yang dikembangkan ini, google lebih mengarahkan hasilnya kepada sensor gerakan yang bisa di ubah menjadi trackpad atau pengarah gerakan yang nantinya akan digabungkan dengan Google Glass terbarunya.

Dalam fungsi tersebut maka pengguna pakaian pintar yang diberi nama Jasqurad ( Project Jasquard ) akan lebih fleksibel saat terhubung dengan Smart Devices masa depan seperti Google Glass versi terbaru.

Fungsi dan cara kerja nya hanpir menyerupai VR atau Virtual Reality yang bekerja dengan membaca sensor gerakan sarung tangan penggunanya.

Tampaknya kedua perusahaan ini sedang bersaing untuk dapat mengkomputerisasi berbagai media yang umum atau common di sekitar kita.

Coba kamu bayangkan Celana Jaquard kemudian di tambah Capacitivo serta kemungkinan baju atau jaket futuristik dengan kacamata atau topi dengan visual ditambahkan sarung tangan komunikasi Hologram, maka kamu sudah seperti berada di film produksi Hollywood kelas dunia

Tapi tentu saja berbagai terobosan ini masih belum tersedia untuk umum dan kamu harus bersabar.

Kalau kamu memiliki impian akan menggunakan dengan warna atau design seperti apa, coba kamu ceritakan di kolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan komentar