Layanan Baru Sirclo, Memudahkan Transaksi Melalui WhatsApp

Siapa yang tidak tahu WhatsApp? Aplikasi chatting populer yang sudah banyak di gunakan di Indonesia hingga saat ini. Selama ini WhatsApp hanya digunakan untuk kebutuhan chatting personal antara dua orang atau lebih.

Tapi bagaimana jika aplikasi WhatsApp tidak hanya digunakan untuk chatting personal saja? Bagaimana jika WhatsApp bisa digunakan untuk kegiatan yang lain, salah satunya adalah kegiatan bisnis? Terdapat lingkungan khusus untuk melakukan proses jual beli.

Mengingat saat ini pertumbuhan tren jual beli berbasis percakapan konsumen Indonesia terus meningkat. Seperti apa ya kira-kira?

Nah perlu diketahui, perusahaan teknologi penyedia jasa pembuatan situs web yang menjadi partner para pelaku bisnis online yaitu Sirclo, baru-baru ini telah meluncurkan produk barunya yang bernama Sirclo Chat, dalam rangka perayaan hari jadi perusahaannya yang ke 7.

Sirclo Chat hadir bertujuan untuk bisa membantu banyak brand maupun pemilik usaha kecil menengah untuk melakukan jual beli langsung lewat percakapan WhatsApp.

Pemilihan untuk memanfatkan WhatsApp ini sendiri tentunya bukan tanpa alasan, hal ini didukung oleh laporan Digital 2019 Report dari Hootsuite dan We Are Social. Bahwa laporan tersebut menunjukan WhatsApp adalah aplikasi kedua yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Selain hal itu, penetrasi WhatsApp yang tinggi juga menyebabkan pergeseran perilaku konsumen. Yang mana setiap konsumen selalu menginginkan para admin di toko-toko online untuk bersikap responsif dan akomodatif di WhatsApp.

Sirclo menganggap bahwa tren inilah yang memulai adanya chat commerce, yaitu sebuah transaksi jual beli berbasis percakapan. Banyaknya berbagai kegiatan membuat banyak konsumen saat ini ingin serba mudah, termasuk dalam proses jual beli. Mereka ingin membeli produk semudah mereka melakukan chatting atau ngobrol langsung dengan admin online shop. Dan sudah banyak dari pengguna WhatsApp yang menggunakan aktivitas ini. Kepuasan dan kepercayaan pelanggan pun akan terus meningkat, jika admin yang merespon semakin baik dalam kegiatan jual beli berbasis percakapan di WhatsApp ini, dan pastinya kegiatan jual beli juga akan semakin praktis.

Chief Executive Officer Sirclo, Brian Marshal, dalam keterangan resminya mengungkapkan bahwa layanan Sirclo Chat ini memungkinkan penjual untuk mengintegrasikan dan menampilkan katalog produk mereka dalam chat room WhatsApp, dan konsumen dapat langsung melakukan pembelian tanpa harus berpindah aplikasi.

“Pada dasarnya, konsumen Indonesia menyukai transaksi jual beli dengan sentuhan personal. Mereka ingin bertanya langsung soal spesifikasi produk, mekanisme pengiriman, dan hal-hal lain yang mungkin dianggap lebih rumit jika dilakukan via kanal e-commerce,” ujar Leontius Pradhana, selaku Chief Product Officer Sirclo.

Leontius juga menuturkan, bahwa melalui layanan ini, para klien Sirclo dapat menjangkau basis konsumen yang lebih luas. Selain itu juga dapat mempersingkat waktu penyelesaian transaksi, serta dapat menjalin hubungan dua arah yang menyenangkan dengan konsumen.

Nah for your information guys, layanan Sirclo Chat ini telah terintegrasi dengan WhatsApp Business API, sehingga pesanan dari konsumen dapat secara otomatis diproses. Berikut tiga fitur utama yang dimiliki Sirclo Chat, yaitu :

Dashboard yang terintegrasi

Melalui fitur ini, klien bisa memperbarui katalog dan inventaris produk, mengirimkan balasan otomatis, dan menggunakan beberapa admin untuk merespon konsumen.

Transaksi dalam aplikasi

Melalui fitur ini, klien bisa menerima dan memproses transaksi pembelian langsung melalui WhatsApp, baik secara manual oleh admin maupun otomatis.

Notifikasi

Pembeli akan mendapatkan notifikasi otomatis tentang status pesanan, penerbitan invoice, cara pembayaran , dan konfirmasi penerimaan barang.

Melalui ketiga fitur ini, klien Sirclo dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen, sekaligus untuk menghemat biaya, tenaga dan waktu operasional.
Sistem otomatisasi dan integrasi dengan WhatsApp Business API ini juga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya human error, misalnya dalam merekap jumlah dan spesifikasi pesanan.

Jadi, untuk para admin online shop yang sering kewalahan dalam menerima pertanyaan-pertanyaan dan permintaan dari konsumen, nantinya dapat teratasi. Dengan adanya Sirclo Chat ini, selain bisa menghemat biaya operasional, juga dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen dan juga dapat memantau status pesanan konsumen menjadi lebih mudah.

Tinggalkan komentar