Manfaat cyber security sebagai pondasi awal pendidikan di Indonesia

Kuliah Online Tentang Keuntungan dan Ancaman Keamanan

Pendidikan perguruan tinggi adalah wajib di pasar kerja saat ini. Oleh karena itu, banyak pekerja yang kuliah sambil bekerja. Salah satu cara perguruan tinggi membuat akses pendidikan menjadi lebih nyaman bagi para pekerja adalah dengan menawarkan berbagai kurikulum mereka melalui kuliah online. Tren yang berkembang ini berdampak terhadap keuntungan dan kerugian yang terkait dengan konektivitas Internet.

Salah satu keuntungan utama bagi mahasiswa adalah akses mudah ke tugas mereka setiap saat, siang dan malam. Karena biasanya kelas online bisa mengakomodasi jadwal kerja apa saja. Kemudahan komunikasi dengan dosen adalah alasan lain mengapa kuliah online sangat populer. Keuntungan penting lainnya adalah bahwa kuliah online dapat diakses dengan mudah dari semua komputer umum dengan koneksi Internet, seperti yang mungkin Kamu temukan di universitas atau perpustakaan umum.

Perguruan tinggi atau universitas mendukung tren kelas online ini karena mereka dapat menarik lebih banyak mahasiswa dan meningkatkan pendapatan tanpa menimbulkan biaya tambahan yang terkait dengan ruang kelas yang penuh dengan mahasiswa.

Namun, seperti tren lainnya, ada sisi negatif dari peningkatan pesat dalam pendidikan online ini. Salah satu tantangan utama yang dihadapi institusi adalah kebutuhan untuk mempertahankan diri dari ancaman berbasis Internet. Ancaman ini melekat dengan akses Web termasuk email dan berbagi file peer-to-peer, serangan spyware dan phishing, berbagai konten Web yang tidak menyenangkan, dan sifat manusia itu sendiri.

MySpace.com

Internet penuh dengan segala hal mulai dari kriminalitas peretasan dan serangan phishing hingga gangguan dari agen spyware yang sembunyi. Ancaman paling berbahaya adalah dari predator yang sering menargetkan anak muda, mereka yang kemungkinan besar menggunakan komputer di kampus dan perpustakaan. Dalam skandal tahun lalu yang melibatkan myspace.com, seorang predator sedang melacak pergerakan gadis remaja melalui postingan myspace.com mereka. Predator di Internet telah hadir sejak awal teknologi internet. Mereka memancing di pesan dan email. Bahkan jika orang umum tidak curiga menyadari bahaya yang ditimbulkan oleh predator, kebutuhan akan keamanan Internet sangat penting dalam strategi apa pun untuk bertahan dari ancaman berbasis Web. Ini menjadi lebih penting ketika situs pendidikan rentan terhadap serangan.

Perguruan tinggi menyediakan situs web, pesan, blog, dan alamat email mereka sendiri. Ketika seorang phisher atau hacker atau predator dengan keterampilan hacking mampu menembus jaringan perguruan tinggi yang tidak aman, itu meninggalkan lebih dari sekedar kekayaan intelektual terbuka untuk dibaca. Dan jika ancaman eksternal kepada mahasiswa dan jaringan tidak cukup, administrator sistem di perguruan tinggi harus menangani tindakan tersebut.

Bahaya Mendownload

Akses komputer di perpustakaan perguruan tinggi sangat umum bahkan di organisasi kampus. Mahasiswa yang tidak menyadari ancaman keamanan dapat dengan mudah menjelajahi sejumlah situs web yang meragukan, mengunduh file yang tidak pantas dan meninggalkan jaringan yang rentan dengan mengunjungi ruang obrolan atau membuka pesan instan dengan peretas andal di sisi lain.

Melalui salah satu cara ini, jaringan yang tidak terlindungi dapat berisiko terkena program backdoor, virus dan hacker. Melindungi diri dari ancaman ini penting untuk keamanan jaringan, keselamatan mahasiswa, dan reputasi perguruan tinggi. Jaringan yang tidak aman adalah mangsa empuk bagi peretas berpengalaman dan hal terakhir yang dapat dilakukan adalah mendapatkan informasi pribadi mahasiswa atau yang lebih buruk, informasi keuangan.

Reputasi dan Integritas

Perguruan tinggi mengandalkan reputasi dan integritas mereka untuk membedakan institusi mereka di bidang yang aktif. Reputasi mereka terdiri dari banyak elemen termasuk tingkat keberhasilan mahasiswa dan keahlian fakultas. Integritas keamanan jaringan perguruan tinggi dapat secara langsung memengaruhi pendaftaran mahasiswa karena penurunan reputasi kampus dapat menyebar dengan cepat. Kampus dengan reputasi yang menurun dapat mengalami penurunan pendaftaran karena orang tua dan mahasiswa sama-sama menemukan kampus lain dengan reputasi yang lebih baik.

Memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak firewall yang tepat dapat melindungi integritas lembaga pendidikan serta keamanannya yang lebih lanjut, keamanan mahasiswa. Memfilter perangkat keras dapat mencegah mahasiswa mengakses situs web yang tidak aman atau situs yang meragukan. Ini dapat mencegah pengunduhan file, program backdoor dan worm.

Solusi yang Jelas

Dengan penggunaan perangkat keras firewall, kampus dapat melindungi port ke jaringan mereka yang dieksploitasi oleh program messaging dan banyak lagi. Dalam hal ini, institusi pendidikan lalai jika mereka tidak menggunakan keamanan jaringan yang tepat. Dengan begitu banyak potensi masalah yang menunggu untuk memangsa jaringan yang bahkan tidak dicurigai dan tidak aman, perangkat keras firewall adalah jawaban yang jelas.

Tinggalkan komentar