Untuk dapat membuat website dibutuhkan sebuah hosting, hosting adalah tempat penyimpanan data-data dari sebuah website sehingga website yang kita buat dapat diakses sebagaimana mestinya.

Gambaran tentang apa itu website seperti jika kita buka sebuah website maka kita akan melihat layout, teks, gambar dan media lainnya. Data itulah yang akan disimpan pada hosting lalu diperlihatkan di browser saat seseorang mengakses website kita melalui nama domain atau menemukan website kita dari halaman pencarian google.

Buat teman-teman yang belum punya domain, pada tutorial kali ini kita akan membutuhkan nama domain karena saat klaim hosting gratis akan ditanyakan apakah kita sudah punya domain atau belum, jika belum, kamu bisa ikutin cara mendapatkan domain my.id gratis lalu kembali pada tutorial ini.

Balik lagi ke tutorial kali ini, saya akan berbagi bagaimana cara mendapatkan hosting gratis dari provider hosting indonesia yaitu cepat.cloud. Provider satu ini cukup baru di bidang layanan hosting tapi sudah cukup lumayan dari penilaian-penilaian pelanggannya, so layak kita coba, mumpung gratis.

Order Hosting Gratis

Pertama, kamu bisa langsung menuju ke https://cepat.cloud/billing/cart.php?a=add&pid=143

Pilih nama domain

Jika kamu sudah punya domain sendiri, gunakan pilihan ketiga yaitu “I will use my existing domain and update my nameservers” dan isi sesuai nama domain yang kamu miliki.

Cara Mendapatkan Hosting Gratis 2022 Dari Provider Hosting Indonesia

Konfigurasi

Kedua, pada bagian server, kamu perlu memilih “London – UK”.

Cara Mendapatkan Hosting Gratis 2022 Dari Provider Hosting Indonesia

Cek ulang

Ketiga, pastikan kembali bahwa nama domain dan hosting yang dipilih sudah sesuai.

Cara Mendapatkan Hosting Gratis 2022 Dari Provider Hosting Indonesia

Pendaftaran atau login

Keempat, jika kamu belum punya akun cepat.cloud kamu bisa isi data diri dengan benar. Apabila kamu merasa sudah punya akun, cukup klik tombol “Already Registered?” lalu login menggunakan akun kamu.

Cara Mendapatkan Hosting Gratis 2022 Dari Provider Hosting Indonesia

Berhasil mendapatkan hosting gratis

Selamat, kamu mendapatkan hosting gratis. Layanan hosting gratis yang kamu dapatkan akan ditinjau ulang oleh admin sebelum dapat aktif digunakan.

Cara Mendapatkan Hosting Gratis 2022 Dari Provider Hosting Indonesia

Ingat, gunakan hosting untuk kegiatan positif dan sebaik mungkin agar hosting kamu dapat tetap aktif dan tidak melanggar syarat dan ketentuan dari pihak cepat.cloud.

Spesifikasi Hosting

  • 500MB SSD Storage
  • 512MB RAM
  • 1 Domain
  • 10 Database
  • Control Panel Directadmin
  • Unmetered Bandwidth
  • 1TB/s DDoS Protection

Dengan spesifikasi hosting tersebut kamu bisa manfaatkan untuk membuat blog atau company profile loh, sangat amat lumayan kan.