PSBB bukan halangan mendapatkan uang dari Internet, begini caranya!

Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, mulai dikenal pada akhir Maret 2020 lalu. Istilah PSBB ini adalah kebijakan pemerintah dalam penanganan Pandemi Corona atau COVID-19 yang mulai diduga masuk ke Indonesia pada pertengahan February 2020 lalu.

PSBB ini membatasi ruang gerak dan aktifitas diberbagai sektor, seperti sekolahan, perkantoran, angkutan umum dan lokasi-lokasi lainnya yang bertujuan mengurangi adanya kerumunan massa yang berisiko pada mudah tertular dan menularnya Virus Corona atau COVID-19 ini.

Pembatasan ini memberikan dampak yang cukup besar dengan banyaknya pekerja yang dirumahkan atau berkurangnya omset penjualan suatu produk yang dijual di pertokoan atau bahkan pengguna Moda Transportasi Massal. Yang sudah barang tentu berdampak kepada perekonomian khususnya pemasukan dalam pemenuhan kebutuhan dalam rumah tangga atau kebutuhan premier yang merupakan kebutuhan pokok dan sehari-hari

Kali ini yang akan dibahas bukan tentang PSBB atau Virus nya, tapi yang akan dibahas adalah cara mendapatkan uang dari Internet di saat seperti sekarang ini. Tentunya diantara cara-cara yang akan kamu temukan pada artikel ini, mungkin ada yang sedang kamu rintis atau memang cara tersebut membutuhkan waktu dan kemampuan extra agar bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Langsung aja dibedah satu per satu secara singkat ya, supaya kamu dapat segera memikirkan apa langkah kamu selanjutnya dan pilihan mana yang paling cocok dengan kamu.

LES ONLINE

Bagi kamu yang memiliki keahlian khusus dalam salah satu bidang terutama mata pelajaran sekolah. Kamu bisa memulai nya dengan melakukan riset materi dan menyiapkan modul nya dalam format DOCX ( format umum Microsoft Word ) atau dalam bentuk PDF dan file presentasi.

Cara ini terlihat mudah, kamu tinggal mencari di Internet lalu Mengunduhnya, edit sedikit lalu membuka Les Online dengan acuan modul yang kamu buat. Tapi, hal ini tidak lah mudah. Sebab memberikan pemahaman dan pengajaran terhadap suatu materi secara Online sangatlah berbeda dengan bertatap muka.

Banyak aplikasi yang bisa sedikit mengurangi jurang perbedaan ini yang memberikan solusi bertatap muka. Sebut saja Zoom, WhatsApp, Skype, Google Meet dan masih banyak lagi. Kamu selain harus lebih memberikan perhatian ekstra, kamu juga perlu menjaga kualitas saat pemberian materi atau pemahaman materi tertentu. Peserta Les baik Private maupun berbentuk serempak ( umum ) terkadang perlu dipancing mood nya supaya betah pada sesi pertemuan online ini. Tentunya bila kamu berhasil pada satu atau beberapa pertemuan, orang tua dari peserta les akan merekomendasikan kamu ke saudara atau teman nya, yang sudah pasti akan memberikan tambahan pemasukan lagi ke kamu.

Content Creator

Beberapa media yang fokus pada penyajian konten baik video maupun tulisan memang cukup menjanjikan pemasukan yang cukup baik. Sebut saja salah satu media online yang bergerak pada konten video yang cukup dikenal adalah YOUTUBE.

Untuk menjadi seorang Youtuber ( istilah yang diberikan kepada pembuat konten Youtube ) bisa dikatakan membutuhkan waktu ekstra, sebab proses yang dilalui seorang pembuat konten di Youtube cukup panjang. Dimulai mencari materi, kemudian mempublikasikan dan mempromosikan. Tapi perjalanannya tidak sampai disini aja, untuk mendapatkan Reward atau uang dari iklan yang tanyang pada video yang di upload, diperlukan penonton yang berlangganan atau Subscribe dan setia menonton video yang kamu upload. Dan juga bagaimana cara nya menjaga agar penonton kembali lagi ke channel youtube kamu, itu juga merupakan pemikiran yang harus secara berkelanjutan.

Disamping konten video, kamu juga bisa terjun menjadi seorang penulis sebuah blog. Kamu bisa memulainya dengan registrasi di WordPress maupun di Blogger yang menyediakan sarana penulisan atau blog secara gratis.

Materi pun sangat menjadi penentu agar blog kamu menjadi menarik dan sering di kunjungi, kalau kamu bertanya-tanya, darimana uang yang diperoleh ? tentu saja dari penyedia iklan. Kamu bisa mendaftarkan blog kamu ke google adsense sebagai contoh, tapi ada beberapa kriteria yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan “ijin” menayangkan iklan yang disediakan oleh adsense. Diantaranya konten kamu harus menarik, dan kamu blog kamu harus rajin dan banyak yang kunjungi. Logis juga sih, mana ada orang yang mau pasang iklan di tempat sepi ya.

Freelance atau Tenaga Lepas

Ini alternatif yang cukup menarik nih, bagi sebagian orang cenderung memilih menjadi seorang Freelancer. Untuk memulainya kamu bisa menggunakan WhatsApp atau Sosial media lainnya, untuk mempromosikan ke sahabat kamu atau ke lingkungan keluarga. Atau kamu bisa mengunjungi situs penyedia jasa Freelancer baik di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Kamu tidak usah khawatir mempromosikan diri ke situs Freelancer di luar Indonesia, karena pembayarannya sekarang sudah mudah, ada yang menggunakan Transfer Bank, Digital Money termasuk Paypal yang bisa kamu cairkan di Indonesia.

Bidangnya pun tidak terbatas, dari sekedar menulis sampai melukis dan membuat sebuah program bagi kamu yang bisa bahasa pemograman atau membuat sebuah website. Kalau kamu tidak percaya, kamu bisa cari di google banyak Freelancer Indonesia sekarang mendapatkan Proyek tetap dari perusahaan di luar negeri dan tentunya dengan upah yang cukup menarik.

ART, Design, Photography

Khusus bagi kamu berjiwa seni, kamu bisa mencoba bidang yang satu ini. Kamu bisa memamerkan karya seni kamu baik berupa lukisan tangan maupun lukisan digital bahkan hasil jepretan dari kamera Foto kamu yang bernilai artistik.

Caranya hampir sama dengan seorang Freelancer, kamu bisa mengupload nya tentunya perlu kamu berikan “WaterMark” sebagai tanda agar tidak mudah di tiru dan diambil tanpa ijin dan membayar “loyalti” ke kamu.

Indonesia memiliki seni lukis digital yang dikembangkan asli oleh orang Indonesia yaitu WPAP atau Wedha’s Pop Art Potrait. Tehnik ini dikembangkan oleh Wedha Abdul Rasyid dan ya, dia seorang Indonesia. Makanya kamu jangan pesimis dulu bahwa kemampuan atau karya orang Indonesia akan dipandang sebelah mata diluar sana

Toko Online

Karena adanya pembatasan ruang gerak, dan diminta untuk mengurangi frekuensi berada di lokasi terbuka dan ramai. Tentunya sebagian orang kebingungan untuk memenuhi kebutuhan belanjanya. Lalu, kenapa kamu tidak manfaatkan peluang ini dengan menyediakan kebutuhan secara online.

Kebutuhan tersebut bisa dari barang elektronik, jajanan sampai kepada kebutuhan rutin sebuah rumah tangga seperti kebutuhan bayi, kebutuhan sayuran, hingga kebutuhan kebersihan. Kamu bisa memanfaatkan marketplace yang sudah ada seperti Tokopeida, Bukalapak atau lainnya.

Untuk kamu yang bisa membuat website sendiri, kamu bisa memanfaatkan keahlian kamu dengan membuat website sendiri. Beragam promosi bisa dibantu melalui Media Sosial Facebook atau WhatsApp atau lainnya.

Untuk pembayaran juga kamu tidak usah khawatir, kamu bisa menggunakan berbagai pilihan juga. Gopay, Ovo, Link, dan lain-lainnya. Semua sudah siap, tinggal kamu memanfaatkannya.

Terus untuk proses kirim nya gimana? aduh, kamu jangan khawatirkan ini. Aplikasi Go-jek maupun Grab dan jasa kurir lainnya siap menjadi Mitra Setia kamu dalam mengantarkan produk pesanan pelanggan kamu.

Nah, dari beberapa point diatas tentunya ada yang mengejutkan dan baru terpikirkan oleh kamu bukan? kira-kira yang mana yang akan jadi pilihan kamu atau mungkin kamu punya solusi lain untuk mendapatkan uang disaat PSBB saat ini. Ayo berbagi di kolom komentar ini, supaya semua bisa mendapatkan jalan keluar dari sulitnya masa PSBB ini.

Tinggalkan komentar