Menggunakan WhatsApp tanpa perlu memiliki nomor HP, gimana caranya?

Siapa yang tidak pernah mengirimkan pesan melalui fitur SMS pada Ponselnya? Hampir semua pengguna ponsel sudah pasti pernah menggunakan fitur SMS. Tapi sesuai namanya SMS atau Short Message Service merupakan Layanan Pesan Singkat yang sudah pasti memiliki keterbatasan, yaitu tidak bisa mengirimkan pesan suara atau mengirimkan pesan video.

Kekurangan ini dijawab dengan kehadiran aplikasi WhatsApp yang di release di bulan Januari 2009 dengan memanfaatkan platform Android pada Smartphone, aplikasi ini mampu mengirimkan pesan tulisan maupun suara dan melakukan panggilan telepon ke sesama pengguna WhatsApp di seluruh dunia secara GRATIS. Iya gratis, kamu hanya cukup menyediakan akses Internet saja, karena aplikasi ini bersifat “Online” dan terhubung menggunakan Internet.

Sebenarnya Aplikasi serupa sudah banyak beredar sebelumnya baik versi Personal Computer (Komputer Pribadi), sebut saja beberapa diantaranya ICQ dan Skype bahkan belakangan ini LINE dan Telegram cukup diminati dan dianggap sebagai pesaing dari WhatsApp. Bagi kamu yang penasaran dengan aplikasi yang mirip dengan WhatsApp, harap sabar ya nanti Gagal Sarjana akan mengulasnya lebih dalam supaya kamu memiliki berbagai alternative pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan kerja kamu.

Pada pertengahan juni 2010 WhatsApp mengeluarkan Fitur Berbagi Lokasi (Location Sharing) yang merupakan terobosan terbaru di masa itu. Dan hingga kini WhatsApp masih terus berkembang dengan menambahkan fitur-fitur terbaru dan perbaikan pada aplikasinya.

Bagi kamu yang penasaran cara daftar WhatsApp, kamu tidak perlu khawatir dengan sulitnya proses daftar. Karena kamu cukup mengunduh aplikasi WhatsApp di penyedia Aplikasi Smartphone kamu atau mengunduhnya langsung di website WhatsApp.com. Yang perlu kamu siapkan cukup memiliki Nomor SIM atau nomor HP yang masih aktif dan bisa menerima Kode Verifikasi melalui SMS maupun panggilan masuk untuk dilakukan Verifikasi Nomor HP nya. Karena WhatsApp menggunakan Nomor HP sebagai Identitas pengguna nya dan supaya lebih mudah dihubungi, cukup menggunakan PhoneBook pada ponsel kamu.

Tapi sebenarnya banyak loh cara untuk bisa menggunakan WhatsApp tanpa menggunakan Nomor HP yang kita gunakan, tapi tentunya cara ini kurang aman dan tidak di rekomendasikan oleh WhatsApp. Untuk kamu yang ingin menggunakan WhatsApp tanpa menggunakan nomor HP aktif kamu, berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan terutama bagi pengguna Smartphone Android.

Dipasaran banyak aplikasi berbayar yang menyediakan nomor Virtual untuk bisa digunakan salah satunya yang pernah menjadi favorit adalah Primo yang saat ini sudah tidak bisa lagi diakses. Alternatifnya adalah menggunakan aplikasi serupa seperti “Temporay Number” yang dikembangkan oleh “Trimo apps”.

Caranya sangatlah mudah, kamu cukup mengunduh dan install aplikasi tersebut di Google PlayStore. Setelah selesai, kamu cukup buka aplikasi tersebut lalu pilih “Get Free Number” setelah itu silahkan kamu memilih Negara dari nomor yang akan digunakan, pilihannya cukup beragam ada Negara Inggris, Belgia, Canada dan beberapa Negara lainnya. Setelah kamu pilih Negara nya, kamu akan masuk ke halaman yang ada pilihan nomor yang tersedia dengan status “Open” silahkan kamu pilih lalu masukan nomor hp tersebut ke Aplikasi WhatsApp untuk dilakukan verifikasi. Silahkan tunggu hingga SMS kode Verifikasi masuk dan bisa digunakan di WhatsApp.

Tapi kamu perlu di ingat ya, penyedia nomor tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan nomor dan hilangnya akses kamu. Dan Gagalsarjana tidak menyarankan dan tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan cara ini yang dapat merugikan kamu maupun orang lain. Ini hanyalah salah satu solusi yang bisa dilakukan sesuai kebutuhan yang baik dan tetap gunakan secara bijak.

Kalau SMS tidak masuk atau gagal verifikasi artinya nomor tersebut sudah di blacklist oleh pihak WhatsApp, kamu bisa memilih nomor lainnya. Nah, setelah berhasil. Kamu bisa segera melakukan panggilan atau mengirimkan pesan ke teman kamu yang menggunakan WhatsApp.

Mudah bukan? Aplikasi serupa banyak kita jumpai di PlayStore maupun AppStore, ada yang free alias gratis, ada yang berbayar. Tetap bijak memilih dan menggunakannya, selalu baca ketentuan penggunaan pelayanan dari masing-masing developer aplikasi, supaya dikemudian hari tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Kalau kamu pernah menggunakan aplikasi serupa, atau punya cara lainnya. Jangan segan untuk berbagi bersama di kolom komentar dibawah ini. Setiap aplikasi dibuat tentunya untuk kebaikan namun terkadang disalahgunakan. Yuk kita bijak dalam menggunakan aplikasi Smartphone.

Tinggalkan komentar