3 Penyebab SMS OTP terlambat dan gagal diterima

Untuk pengguna Facebook atau akun sosial lainnya termasuk email pasti kamu pernah diminta Kode OTP yang dikirimkan dari Server ke Ponsel kamu saat pendaftaran atau saat Login (apabila kemanan dua tingkat di aktifkan).

OTP atau One Time Password ini adalah kode sementara yang memiliki waktu Expired atau masa berlaku yang singkat, biasanya antara 3 menit hingga 5 menit saja.

Kode OTP ini berguna untuk melakukan verifikasi apakah benar kamu adalah pengguna sah dari akun tersebut sehingga mencegah penipuan atau pencurian akses oleh pihak yang tidak memiliki hak untuk melakukannya.

Metode keamanan ini adalah hal yang sederhana tapi bukan berarti tidak membuat repot apabila ternyata kode OTP ini gagal kamu terima sebelum masa berlakunya (Expired Time) habis. Dan akhirnya kamu harus mengajukan kembali.

Berikut ini kamu bisa ketahui 3 penyebab SMS OTP terlambat dan gagal diterima, sehingga kamu bisa mencoba metode alternatif lainnya.

Signal Provider

Dalam proses pengiriman SMS OTP ini, biasanya kamu bisa terima melalui SMS sehingga tidak memerlukan koneksi Internet sama sekali.

Padat permintaan di sisi Server

Kode SMS OTP ini akan terkirim melalui suatu sistem yang dibangun oleh pemilik aplikasi atau website yang memintanya. Kegagalan atau terlambat kirim yang terjadi adalah karena tinggi nya permintaan pengiriman kode SMS OTP di server. Jangan heran, perusahaan besar seperti Whatapp saja kadang mengalami kegagalan dalam pengiriman kok.

Regulasi

Salah satu dari 3 Penyebab SMS OTP terlambat dan gagal diterima adalah dari Regulasi pihak terkait di Indonesia yang mengharuskan kode SMS OTP di dahulukan bahkan hanya diloloskan apabila dikirimkan oleh pihak yang sudah terdaftar atau ter whitelist pada sistem.

Lalu apabila hal ini terjadi, kamu selaku pihak user atau pengguna apa yang bisa kamu perbuat? kamu bisa melakukan request atau permintaan pengiriman kembali yang biasanya dibatasi sebanyak 3 kali permintaan saja.

Pada beberapa aplikasi web kamu bisa menggunakan alternatif verifikasi lainnya seperti mengirimkan OTP melalui Whatsapp atau bisa juga melalui Email termasuk juga bila ada pilihan untuk menggunakan pilihan Mengirimkan kode OTP melalui sambungan telepon biasa atau “call” sebaiknya kamu gunakan.

Kegagalan OTP melalui Voice atau Call, cenderung lebih sedikit hanya saja membutuhkan waktu hingga 1 menit untuk proses menelpon kamu.

Apakah kamu pernah alami hal seperti ini? tindakan apa yang kamu lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan tertundanya pekerjaan kamu akibat tidak bisa akses email yang kamu pasang keamanan tingkat 2? yuk berbagi pengalaman kamu mengenai OTP ini di kolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan komentar