Posisi Smartphone akan Tergantikan

Posisi Smartphone akan Tergantikan dengan AI, Benarkah?

Pola kehidupan manusia yang sempat berubah dengan adanya Smartphone tampaknya akan berubah sekali lagi, posisi smartphone akan tergantikan dengan perkembangan teknologi dari Artificial intelligence ( AI ) atau yang kita kenal dengan kecerdasan buatan.

Meskipun beberapa perangkat saat ini termasuk Smartphone di klaim sudah memiliki teknologi AI, namun keberadaan AI sendiri masih merupakan secondary part dari sebuah Smartphone yang saat ini masih menjadi andalan  dalam membantu melakukan aktifitas.

Kedepannya akan banyak modul AI yang tertanam, baik itu pada jam tangan, televisi dan smartphone. Dan pada akhirnya Smartphone tidak lagi menjadi tren dari gaya hidup. Sebab dengan menggunakan kacamata saja kita sudah bisa melakukan pencarian informasi dan sebagainya, kedepannya diperkirakan kita pun bisa mendapatkan informasi melalui devices atau perangkat apapun.

Dan bukan tidak mungkin, fungsi utama Smartphone yaitu untuk berkomunikasi pun akan tergantikan oleh teknologi baru. Terbukti dengan dikembangkannya sarana VR atau Virtual Reality termasuk teknologi Hologram yang tinggal menunggu terbuka nya gerbang 5G di Indonesia.

Nah, jadi buat kamu yang nanti mau telpon – telponan sama pacarnya sudah tidak perlu lagi berada deket dengan smartphone atau sekedar video call. Kamu bisa pakai VR dan Hologram jadi bisa lebih nyata dan terasa semakin dekat. Wah ini yang LDR bakalan semakin banyak donk ya.

Selain untuk komunikasi nanti juga dengan adanya AI kamu bakalan ketemu dengan mobil otonom atau mobil tanpa driver atau pengemudi. Saat ini beberapa produsen kendaraan besar seperti Toyota, Audi, Mazda dan lainnya berlomba – lomba mempersiapkan produksi mobil Otonomnya.

Tapi jangan salah loh ya, ada pabrikan yang fokus utamanya adalah dibidang Jaringan Infrastruktur dan Smartphone yang sudah mulai melirik dan mengambil langkah untuk membuat mobil Otonom loh. Apalagi kalau bukan Huawei, perusahaan specialist Jaringan ini tampaknya juga tidak mau ketinggalan dalam persaingan mobil otonom.

Tampaknya kalau membahas teknologi dan perkembangan teknologi kedepan, tidak akan pernah cukup sedikit yang di ulas. Kalau dulu berbicara komunikasi akan terbatas pada Telepon dan Surat menyurat, tapi kalau sekarang berbicara telepon saja bisa berlanjut pada email/surat menyurat, telpon, video call, gaming, movie, TV dan sebagainya. Mungkin beberapa tahun atau dekade kedepan ketika kita bicara telepon maka makna nya akan tergeser ke “komunikasi” yaitu komunikasi ke berbagai Gadget yang kita punya dan saling terkoneksi.

Bayangkan nanti ketika kamu mau meminjam telepon teman kamu, yang dikasih adalah dompet atau jam tangannya. Hmmm menarik ya….

Tampaknya Hologram atau berbagai teknologi ala StarTrek dan StarWars akan segera datang nih, kira-kira kamu akan menjadi Jedi atau Mr. Wolf dalam StarTrek ? yuk sampaikan pendapat dan mimpi kamu di kolom komentar dibawah ini dalam rangka menyambut kedatangan berbagai teknologi Hollywood di tangan kita….

Default image
Rizky Amalia
Hobi membaca perkembangan Teknologi, akhirnya bermimpi menjadi penulis artikel tentang Teknologi. Semoga tidak sampai di dunia Mimpi saja

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply