Server Cloud Besutan Alibaba Seukuran Telapak Tangan, Seperti Apa?

Dunia teknologi saat ini telah disuguhkan kembali dengan sesuatu yang baru yaitu server cloud besutan Alibaba Cloud, anak perusahaan dari Alibaba Group yang menyediakan layanan komputasi awan baru-baru ini telah meluncurkan perangkat server Cloud Computer, yaitu sebuah perangkat komputer pribadi (PC) mini yang pertama kali dibuat oleh Alibaba Cloud.

Berita ini diumumkan Alibaba Cloud pada acara tahunannya yaitu Apsara Conference 2020 yang dilakukan secara online. Komputer Cloud diciptakan dengan ukuran mini, yaitu dengan bobot kurang dari 60 gram dan berukuran sangat kecil yaitu sebesar telapak tangan. Sangat menarik bukan?

Dalam pemaparannya, President Of Alibaba Cloud Intelligence yaitu Jeff Zhang, mengungkapkan bahwa Cloud Computer memiliki daya komputasi yang tinggi dan kokoh jika dibandingkan dengan PC tradisional. Komputer ini juga dapat melakukan render video dan mengurangi waktu rendering animasi satu frame beresolusi tinggi menjadi hanya 10 menit dari 90 menit, yang biasanya jika menggunakan PC tradisional akan membutuhkan beberapa PC untuk dapat diselesaikan.

“Dengan hanya menghubungkan Cloud Computer ke layar komputer, pengguna dapat mengakses sumber daya komputasi awan yang hampir tak terbatas, dengan model biaya berlangganan atau membayar sesuai penggunaan”, jelas Zhang dalam pemaparannya, Kamis (17/9/2020).

Zhang juga mengklaim bahwa pembaruan sistem Cloud Computer dapat dilakukan secara daring atau online, menghemat sebagian besar biaya pembaruan dan perawatan mesin PC yang relatif mahal bagi kantor konvensional.

Melalui sistem protokol aplikasi streaming yang dikembangkan sendiri oleh Alibaba Cloud, dirancang untuk mensinergikan cloud dan perangkatnya, pengguna juga dapat membeli dan mengakses aplikasi serta program berlisensi seperti Linux dan Windows serta berbagai aplikasi kantor.

Nah kabarnya lagi, Cloud Computer juga sangat fleksibel dan terjangkau, serta memungkinkan pengguna untuk membeli sumber daya pada saat yang di inginkan. Komputer ini juga memungkinkan pengguna untuk meningkatkan skala tenaga komputasi yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginannya, serta melepaskan sumber daya tersebut pada saat telah selesai digunakan.

Menggunakan Cloud Computer disebutkan juga sangat menguntungkan bagi pengguna, sebab semua data dan informasi milik pengguna disimpan di cloud dengan satu klik tombol , menyederhanakan proses pemindahan informasi dari satu media penyimpanan ke media penyimpanan yang lain. Serta didukung dengan keamanan terbaik dari Alibaba Cloud, karena tidak berbekal antarmuka untuk perangkat eksternal.

Gimana guys, masih penasaran ?
Nah usut punya usut, kehadiran Cloud Computer ini juga dijelaskan atas dasar penilaian Alibaba Cloud yang merasa bahwa selama ini masih banyak kemampuan komputasi yang belum sepenuhnya dimanfaatkan. Dan melakukan pemeliharaan terhadap hardware mengharuskan pengguna untuk mengganti komponen setiap dua hingga tiga tahun sekali.

Hal ini yang memunculkan keyakinan Alibaba Cloud bahwa upgrade PC memang tidak akan dapat secara tepat selalu sesuai dengan kebutuhan pengguna, yang terkadang menyebabkan PC bisa menjadi salah satu investasi buruk. Nah seiring berjalannya waktu, kini dengan evolusi teknologi Cloud, Alibaba Cloud optimis dapat membebaskan pengguna dari hal tersebut.

Zhang juga berharap bahwa Cloud Computer ini nantinya dapat membantu orang-orang dalam mengakses daya komputasi yang tangguh kapanpun mereka membutuhkannya. Sehingga mereka dapat melakukan tugas-tugas kompleks yang biasanya membutuhkan beberapa PC yang canggih dan kokoh, seperti untuk pengeditan video, rendering animasi, pengembangan perangkat lunak, dan layanan online bagi pelanggan, kini dapat di akses hanya dengan PC berukulan kecil di tangan.

Zhang menambahkan juga, karena bekerja dari rumah saat ini menjadi normal baru yang dilakukan di seluruh dunia selama dan pasca pandemi, maka dari itu Alibaba Cloud yakin bahwa inovasi yang mereka hadirkan dapat membantu pengguna untuk lebih mudah menikmati manfaat cloud computing kapanpun dan dimanapun dengan cara yang hemat biaya namun tetap memiliki keamanan yang baik.

Namun dikabarkan saat ini, untuk tahap awal peluncuran Cloud Computer hanya akan tersedia bagi pelanggan perusahaan saja guys. Eiitss tapi jangan khawatir, dalam waktu dekat ini juga Cloud Computer direncanakan akan tersedia untuk konsumen individu. Bagaimana tanggapan kalian guys?

Tinggalkan komentar