Youtube Shorts jadi pesaing TikTok, seperti apa?

Youtube Shorts jadi pesaing TikTok, seperti apa?

TikTok.. TikTok.. TikTok.. Siapa sih yang tidak mengetahui aplikasi yang sedang populer saat ini? Pasti banyak masyarakat Indonesia bahkan dunia yang sudah memasang dan menggunakan aplikasi ini.

Seperti yang kita ketahui, popularitas TikTok saat ini bisa dikatakan benar-benar sedang di atas puncak. Dimana TikTok menjadi platform berbagi video pendek yang sangat populer dan begitu diminati oleh kalangan anak remaja, bahkan tidak sedikit juga kalangan dewasa hingga orang tua yang mulai ikut-ikutan meramaikan dunia TikTok. Walaupun pada awalnya kehadiran aplikasi ini cukup banyak mendapat cibiran, tetapi seiring berjalannya waktu TikTok kini bisa menjadi salah satu aplikasi yang sangat diminati banyak orang.

Selain seru untuk hiburan, hampir setiap orang kini bisa meraih ketenaran melalui aplikasi yang satu ini. Bahkan bukan hanya untuk hiburan semata, banyak juga para pengguna kreatif yang menggunakan aplikasi ini menjadi salah satu sarana untuk memberikan konten yang memiliki nilai-nilai edukasi yang dikreasikan dengan musik dan video, juga menjadi sarana marketing bagi beberapa kalangan, khususnya bagi kalangan pebisnis serta menjadi sumber informasi terkini, mengingat berbagai hal bisa langsung tersebar dan viral melalui aplikasi TikTok ini.

Nah tidak heran bukan jika hal itu membuat banyak perusahaan teknologi lain merasa tersaingi dan berlomba juga untuk bisa membuat aplikasi yang serupa. Seperti Instagram, baru-baru ini aplikasi media social instagram telah meluncurkan fitur baru bernama Reels, yang memungkinkan pengguna bisa merekam dan mengedit video berdurasi pendek seperti TikTok.

Tidak hanya Instagram, kini YouTube juga dikabarkan meluncurkan fitur baru yang serupa untuk menjadi pesaing TikTok. Apakah itu?

Nah.. baru-baru ini YouTube telah resmi mengumumkan Shorts sebagai fitur barunya, yaitu fitur yang bisa membuat video berdurasi pendek, sama halnya dengan TikTok dan Reels di Instagram.

Peluncuran Shorts ini dilakukan YouTube untuk bisa memfasilitasi para penggunanya agar bisa mengekspresikan dirinya ke dalam video pendek yang berdurasi 15 detik atau kurang. Dan tentunya untuk menjadi pesaing baru bagi TikTok.

Pada fitur Shorts ini, beberapa klip video dapat digabungkan menjadi satu dan pengguna bisa merekam dengan banyak musik yang didapatkan dari library musik yang luas. Pihak YouTube dikabarkan telah bekerja sama dengan label musik dan para musisi dunia untuk menghadirkan banyak lagu dalam fitur Shorts.

Selain itu, pengguna juga dapat melihat pengatur waktu dan dapat mengatur kecepatan pada saat melakukan perekaman video. Setelah merekam video dan menambahkan musik, pengguna dapat membagikan hasil rekamannya kepada publik untuk bisa ditonton oleh pengguna yang lain. Nantinya, pengguna YouTube juga akan mendapati sebuah beranda baru pada halaman YouTube yang khusus untuk menampilkan video-video Shorts kreasi para conten creators YouTube.

Gimana? Sudah mirip dengan TikTok? Sudah tidak sabar untuk melihat fiturnya seperti apa kan? Nah ~for your information guys, YouTube Shorts saat ini baru akan diluncurkan dan dipromosikan pertama kali di Negara Bollywood India dalam fase beta.

Mengapa Negara India? Mungkin ada sebagian dari kalian bertanya-tanya mengapa YouTube pertama kali meluncurkan dan menguji YouTube Shorts di India. Hal ini merupakan strategi yang dimanfaatkan oleh YouTube untuk memasuki pasar India, dimana Negara ini telah terang-terangan memblokir aplikasi TikTok di negaranya. Peluang yang sangat bagus untuk mengisi kekosongan aplikasi yang tengah booming saat ini. Dan diharapkan melalui Negara India ini, kelak YouTube Shorts akan melambung ke negara-negara lain dan tentunya memiliki banyak peminat.

Walaupun aplikasi ini memang belum selengkap TikTok, akan tetapi siapa yang tahu mungkin saja kedepannya YouTube Shorts bisa mengalahkan TikTok yang tengah melambung saat ini.

Belum ada informasi terkini kapan aplikasi Shorts ini akan hadir di Negara Indonesia, tapi jangan khawatir, kelak YouTube Shorts pasti akan tersedia juga di banyak Negara dan mungkin salah satunya adalah Indonesia.

Gimana? Sudah tidak sabar dengan aplikasi ini kan? Apakah benar-benar akan menyaingi TikTok atau bahkan lebih populer dari TikTok? Yuk tebak jawabannya di kolom komentar.

Default image
Saras Ayuwati
Hai ! Semoga tulisan ini membawa manfa'at untuk siapapun kamu yang baca .

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply